Ads

Saturday 17 September 2011

Membuat Lingkaran Warna

Ini tugas seni budaya yang sempet bikin gue bingung. Waktu diterangin sama gurunya sih gue ngerti, tapi pas mau gue bikin sendiri kok gue jadi bingung ya. Gue putusin buat nyari di google, tapi gue lagi kurang beruntung, gue ga nemu cara bikin lingkaran warna, yang gue temuin cuma gambarnya lingkaran warna yang udah  jadi bukan tahap demi tahap membuat lingkaran warna.
Ini salah satu lingkaran warna yang gue temuin.
Setelah gue pikir - pikir lagi dan terus gue pikirin, akhirnya gue bisa juga. Ini caranya.

1. Buat lingkaran (kalo gue pake dengan jari - jari 3cm).
2. Buat garis vertikal dan horizontal hingga jadi sebuah gambar seperti gambar A.
gambar A
3. Bagi dua jari-jari dalam lingkaran yang paling bawah yang vertikal (karena jari-jari yang gue pake 3cm maka setengahnya jadi 1,5cm.



4. Buat garis lurus di garis yang telah dibagi dua, lalu dari sudut garis itu tarik garis ke garis vertikal paling atas hingga membentuk segitiga sama sisi seperti gambar b ( setiap sisi berukuran 5cm)
gambar B


5. Bagi dua masing - masing sisi segitiga. (menjadi 2,5cm) lalu tarik garis dari masing - masing sudut menuju pertengahan sisi segitiga. (hasilnya seperti gambar c)



gambar C
6. Hubungkan setiap sudut dengan sudut lainnya. (seperti gambar D) sampai semua sudut saling terhubung.( seperti gambar E)
gambar D







gambar E
7. Buat lagi lingkaran luar dengan jari - jari yang lebih panjang dari sebelumnya. Dari masing - masing garis yang membentuk segienam, bagi dua disetiap masing sisi. sehingga menjadi seperti gambar F
gambar F
8. Hapus garis - garis yang tidak di perlukan hingga seperti gambar G.
gambar G
9. Warnai Tiga warna utama (primer) dalam segitiga. seperti gambar H.
gambar H
10. Warnai dengan warna sekunder. gambar I.
gambar I
11. warnai dengan warna tertier. gambar J.
gambar J. isi bagian yang kosong dengan warna tertier.

setelah diisi.



semua terisi.








No comments:

Post a Comment