Ads

Saturday 5 November 2011

Makanan Korea yang Mendunia


Ada begitu banyak makanan tradisional Korea. Sebagian bisa ditemukan di hampir semua restoran Korean di belahan dunia mana pun. Beberapanya dikategorikan sebagai makanan biasa, tapi ada juga yang cuma bisa ditemukan dalam acara-acara tertentu.

1. Bibimbap (campuran nasi dan sayuran)
Bibimbap


2. Korean Dumpling (pangsit Korea)





Pangsit Korea ini dibuat dengan isi daging sapi atau babi, tapi ada pula yang mengisinya dengan daging ayam atau sayuran. Cara masaknya bisa direbus, dikukus, digoreng, ditumis, atau ditambahkan ke dalam sup. Dumpling bisa dijadikan makanan utama atau camilan.

3. Chapchae


Ini merupakan hidangan mie paling populer di seantero Korea dan juga salah satu makanan favorit di barat sana. Bahan dasar dari makanan ini adalah campuran mie, kecap, bawang putih, dan minyak wijen. Mie yang digunakan terbuat dari ubi jalar atau kacang hijau yang rasanya sudah enak sehingga campuran sayur atau daging tergantung selera. Bisa pula dipadukan dengan brokoli, paprika merah, jamur shitake, bulgogi, dan bawang.

4. Changjorim


Daging rebus asin ini rasanya sensasional. Karena direbus dalam waktu lama, daging menjadi sangat empuk dengan rasa bumbu yang meresap. Ditambah dengan pedasnya cabai, hidangan ini benar-benar lezat. Namun, ada pula yang disajikan tidak pedas dengan menambahkan gula. Changjorim manis banyak disuka dengan mengurangi takaran cabai yang digunakan.

5. Daenjang Chigae



Hidangan rebus-rebusan ini sangat disenangi saat musim dingin. Daenjang Chigae adalah pasta kacang yang hampir sama dengan Miso di Jepang, tapi lebih kental dan baunya lebih tajam. Masakan ini disajikan hangat dan bisa dibuat dari berbagai sayuran.

6. Bulgogi (daging BBQ)





Salah satu hidangan favorit ini terbuat dari irisan daging sapi yang dipanggang dengan sensasi rasa manis. Bulgogi bisa dicampurkan dalam Kimbap (sushi roll Korea) atau Chapchae. Dalam penyajiannya, Bulgogi disandingkan dengan selada dan pasta lada merah (Kochujang). 

No comments:

Post a Comment