Ads

Friday 15 August 2014

Pelajar

Emang kurikulum 2013 itu kaya apa sih? Seberat apa sih? KTSP aja gue anggap berat apalagi ini ya. Btw, pertama gue emang orang yang sangat gampang untuk mengeluh, pokoknya semua serba salah, ini itu salah, subjektif. Tapi walau ngeluh gue tetep ngejalanin, ya mau gimana lagi, gue ga punya pilihan, walau gue ngerasa semua serba salah. Eh sebenernya sih pilihan selalu ada tapi emang guenya aja yang ga punya nyali.

Menurut gue, belajar formal di sekolah dengan metode guru menjelaskan siswa mendengarkan dan mencatat itu membosankan. Walau gue ngerasa itu ga asik banget tapi kenyataannya gue emang perlu mendengarkan pengajar ngomong dulu, membaca catatan supaya gue bisa ngerti karna gue ga mungkin tiba-tiba ngerti tanpa dikasih penjelasan dulu.
Selain dengan metode tadi, bisa juga sih siswanya ngerti tanpa dijelasin kalo dia udah baca duluan materi yang diajarin si pengajar. Jadi pas pertemuan di kelas tinggal tanya jawab apa yang ga ngerti. Gue juga kalo ga sengaja bukunya ke buka waktu lagi beresin buku pelajaran pas malem bakal keterusan baca, walaupun yang gue baca buka bagian-bagian yang gue mau tapi kan tetep aja gue ga bisa baca suatu bagian tanpa membaca bagian lainnya yang memang saling berkaitan. Dan gue juga lebih konsen kalo belajar kaya gini, belajar karna gue emang mau belajar, bukan karna dipaksa. Kalo di kelas pengajar sering ngasih waktu 5 - 10 menit untuk membaca materi sebelum dia mengajar, bener deh itu sama sekali ga masuk ke otak gue.

Soal tugas dan PR, ada beberapa tugas dan PR yang bikin semangat ngerjainnya yaitu, tugas dari pelajaran yang membuat gue tertarik untuk makin tau tentang pelajaran itu. Sayang ga semua buku bisa membuat dirinya terlihat dimata calon pembacanya, nah disini peran pengajar itu penting banget, harusnya pengajar membuat supaya yang diajar tertarik dengan materi yang akan diajarkan sampe-sampe yang diajar itu walau ga suka baca sampe mau baca gara-gara ketertarikannya.

Ngerjain tugas mati-matian... iya waktu awal gue masuk sekolah dijenjang pendidikan yang lebih tinggi gue sampe bolak-balik ke dokter. Sakit. Kecapean gara -gara terlalu banyak tugas. Ini serius, gue emang bener-bener ngerjain tugas, bangun pagi jam setengah 5 pagi, berangkat sekolah jam setengah 6 pagi, masuk sekolah jam setengah 7 sampe jam setengah 3, pulang sekolah langsung ke warnet buat ngerjain tugas atau nyari materi yang kurang lengkap, pulang sebentar terus balik lagi ke warnet buat ngerjain tugas (karna di rumah ga ada komputer/laptop dan internet) sampe warnetnya tutup jam setengah 10 malem, nyampe rumah ga langsung tidur, masih ada tugas yang belom beres. Baru bisa tidur setelah lewat jam 12 malem. Gue tau, ini salah gue karna gue emang orangnya lelet. Gue gatau para pengajar itu tau apa keadaan setiap orang yang diajarnya atau dia malah menggenaralisir semua orang yang diajarnya itu orang yang cekatan, punya sarana dan prasarana untuk mendukung mengerjakan tugas. Gue ga terlalu suka sama kalimat "kalau dia aja bisa masa kamu ga bisa" atau "kalau dia bisa kamu juga pasti bisa". Manusia itu walaupun mungkin niatnya sama banget tapi tetep kemampuan dan keadaannya ga selalu sama. Dan gue adalah salah satu manusia yang niatnya segede gunung tapi kemampuan dan keadaannya ga segede itu. Apa yang gue lakukan supaya bisa jadi orang yang diinginkan pengajar? Gue harus belajar berkali-kali lipat lebih giat, lebih rajin... dan ini bikin gue stres... akhirnya gue sakit, tiap bulan pasti ke dokter, ke lab, cek darah... sumpah ini beneran bikin gue menderita. Semanis-manisnya hasil yang gue peroleh tetep paitnya masih berasa ga bisa nutupin yang manis itu. Karna yang manis itu datangnya cuma sesaat sementara paitnya itu ada terus sampe si manis muncul dan lagian si manis itu cuma sebentar. Mungkin karna emang dari awal gue udah ngerasa terpaksa belajar, jadi pas dapet hasil akhir yang orang bilang itu manis, tetep rasanya pait buat gue. Jadi apa yang gue dapet? yang gue rasa gue dapetin itu cuma beberapa doang, ada pelajaran yang emang gue suka, jadi yang gue inget cuma itu, yang lain terlupakan. Pelajaran yang gue suka itu cuma 1, sisanya ada 19 pelajaran yang gue ga ngerti kenapa gue harus mempelajari itu.
Dapet nilai bagus tapi masih ga ngerti sama materinya itu nothing menurut gue. Ga ada yang bisa dibanggain, ga berguna, buang-buang waktu. Jujur ya ... Pak, Bu pengajar, saya sebagai orang yang anda ajar selalu kebingungan karna sebelum anda mengajar anda tidak memberitau saya alasan saya untuk mempelajari hal itu dan untuk apa saya harus mengetahui hal itu. Terlalu banyak materi yang tak saya pahami, materi yang akhirnya hanya saya hafal dan terlupakan dengan datangnya materi-materi hafalan baru. Ga semua manusia punya kemampuan menghafal yang baik, termasuk saya. Saya sering merasa gagal paham terhadap berbagai materi.


Ahhhh... ada kah cara belajar yang menyenangkan? semenyenangkan saat menggunakan social media. Harusnya ada, saat sekarang ini, menurut gue, pemerintah ga bisa mengimbangi masyarakat termasuk pelajar dalam menggunakan iptek. Coba liat facebook, twitter, ig, path, apa isinya? sedikit bukan yang menyebarkan ilmu, hal - hal yang berguna. Majunya iptek ini seakan menjadi boomerang untuk penggunanya. Terlalu terlena dengan obrolan-obrolan yang sangat ringan bahkan kadang tidak ada manfaatnya sama sekali tapi obrolan masih terus berlanjut, bikin males buka buku, bikin males baca buku, baca hal-hal yang jauh lebih penting karna dianggap terlalu berat. Generasi muda ini terlalu terlena dengan majunya iptek tanpa diimbangi dengan memajukan kemampuannya sendiri untuk berpartisipasi dalam mengembangkan iptek yang lebih baik.

21:08 15/08/2014

No comments:

Post a Comment