Ads

Tuesday 31 July 2018

Kesal

Di bulan ini pertama kalinya nyoba mesen taxi via aplikasi. Nunggu agak lama, ga apa - apa itu bukan masalah. Masalahnya saya diajak muter - muter sampe argonya melonjak 2x lipat dan waktu yang terbuang percuma karena muter-muter. Kalo argo naik dan waktu abis karena kelamaan macet sih ya gapapa, namanya juga Jakarta. Tapi ini tuh diajak muter - muter. Bikin kapok. Selanjutnya lebih baik pesen gocar atau grab car deh. Mereka ya nyari jalan dan waktu tercepat. Fix untuk selanjutnya ga pesen taxi lagi entah via aplikasi atau nyetop di jalanan.

Lalu tentang ojek online, kali ini cerita datang dari Grab. Sayang banget kelakuan drivernya pada nakal. Pernah kejadian driver ga mau nganter saya karena dia mau makan dulu tapi dia waktuin makannya selama 20 menit. Kalo ga mau nunggu silakan dibatalkan. Saya bilang anda (driver) aja yang batalin kalo emang mau membatalkan ya. Dia bilang driver ga bisa membatalkan pesanan. Drivernya bilang gapapa kalo penumpang yang membatalkan. Saya bilang engga ah takut akun saya disuspend juga soalnya ada saldo OVO. Eh ga lama pesanan saya dibatalkan oleh pengemudi. Heran tadi katanya pengemudi ga bisa membatalkan pesanan lha ini kok bisa. Terus ya kalo mau makan itu aplikasi driver grabnya ya dimatiin dulu. Biar bisa makan dengan tenang juga dan pemesan ga kebingungan nunggu lama atau bolak balik pesen terus dapet driver yang minta dibatalin juga.

Lanjut...
Ga lama setelah pesanan saya dibatalkan oleh driver tadi, saya pesan lagi. Kalo ini dapet pengemudi tapi dia minta dicancel aja kalo ga searah pulangnya. Dengan alasan yang sama saya ga berani cancel karena takut akun saya disuspend karena ada saldo OVO itu tadi. Walaupun ga selalu pesen dengan pembayaran pake OVO karena ya taulah bakal susah dapet drivernya. Jadi saldo OVO ini bakal dipake buat isi pulsa sama saya, itu alasannya saya pake OVO, alasan utama sih karena penasaran pengen tau apaan sih OVO ini, jadi deh teregistrasi eh saldo zaman beli Grab Pay dulu masih ada ternyata. Yaudah itung-itung nabung di OVO ini kalo keabisan duit kan bisa beli pulsa dari OVO ini. Ini praktis ya karena HP saya ga muat kalo download aplikasi OVO lagi, jadi deh pake aplikasi Grab aja.

Nah lanjut sama driver yang minta cancel karena ga searah jalan pulang. Tiba - tiba dia ngirim chat kalo dia udah nyampe dan akan menunggu selama 10 menit. Itu pesan template kan kalo gitu. Dan sampe 10 menit ga dateng-dateng. Terus muncul pop up grab katanya pengemudi membatalkan pesanan. Ga jelas banget. Itu bisa batalin ya batalin dari tadi aja harusnya. Lokasi driver pertama yang mau makan 20 menit sama driver yang minta cancel kalo ga searah itu satu lokasi ternyata. Males nganter apa gimana? Kalo mau makan ya matiin aplikasi grabnya dulu. Kalo mau nyari searah pulang? Yakin bakal ada yang satu tujuan? Kalo emang udah niat mau pulang ya kenapa atuh memperlambat pembatalan dari pihak drivernya. Udah jelas ga searah, ngapain diterima, ngapain ngasih keterangan pengemudi sudah sampai dan akan menunggu selama 10 menit kalo sampe menit ke 11 malah ga dateng - dateng dan malah tiba - tiba pesanan dibatalkan. Dari awal kenapa ga langsung dibatalkan aja biar ga buang-buang waktu. Sebel banget. Yaudah pesen pake Gojek aja. Dapet driver, nelpon nanya lokasi detail terus ga lama, ga nyampe 2 menit itu driver gojek udah dateng. Ga alesan ini itu. Padahal ya lokasi penjemputan dan tujuan sama kaya tadi waktu pesen grabbike. Tarifnya juga sama.

Driver grab kalo emang ga mau nerima order ya dimatiin dong aplikasinya.
Kejadian selanjutnya adalah ketika pagi - pagi dan lagi buru - buru. Pesen grabbike, ya saya belum kapok masih setia pake Grab, dapet driver yang udah saya kasih pesan saya udah nyampe  dipinggir jalan nunggu kedatangan pengemudi. Sampe 10 menit nunggu masih sabar. Kok cuma dibaca doang ya, berusaha berpikir positif mungkin yang megang akun grab ini udah tua ga terlalu paham cara bales pesan, karena beberapa kali ketemu driver begini tapi biasanya mereka nelpon kok karena keterbatasan penglihatan mereka. Ini kok engga ada kabar. Sampe udah 15 menit nunggu ada chat masuk dan itu si driver bilang minta dibatalin aja pesenannya. Saya tanya kenapa, jawabnya adalah yang nerima orderan itu anak saya. Lho kenapa ga dinonaktifkan dulu sih aplikasinya dan kenapa ga ngawasin anaknya yang mainin hp bapaknya. Yang bikin nyesek ya kalo diliat di gps itu lokasi si driver ga jauh, perkiraan waktu diaplikasi aja cuma 1 menit karena memang termasuk deket posisinya. Kecewa banget pagi itu. Mood udah mulai jelek dari pagi huft. Dengan alasan sama yaitu takut malah akun saya yang disuspend, saya bilang driver aja yang batalin pesanan dan dia gamau dong. 5 menit nunggu dan beneran kaga dateng - dateng. Digantungin. Kesel. Akhirnya pesen Gojek. Ga pake lama udah dateng driver Gojeknya. Cek aplikasi Grab belom dibatalin juga ckck. Nyampe tujuan cek hp ada notif pengemudi membatalkan pesanan anda. Kapok banget pake Grab. Sorry Grab, saya pindah jadi penumpang Gojek.

Untuk pihak Grab, semoga segera membenahi mitra pengemudinya, kalo lagi ga mau narik ya matiin dulu aplikasinya. Udah itu aja.
Untuk Bluebird, ya saya pesan taxi Bluebird, pengemudi taxi-nya tolong jangan ngajak muter-muter bikin argo naik dan ngabisin waktu itu malah bikin penumpang kapok buat naik taxi. Saya sih yang kapok naik taxi, gatau deh pengalaman orang lain gimana, semoga perjalanannya ga seburuk saya.

Mungkin untuk selanjutnya kalo saya naik taxi saya akan bilang kalau saya mabokan orangnya dan lagi ga bawa plastik buat muntahannya jadi jangan muter-muter ambil jalan tercepat aja.

No comments:

Post a Comment