Ads

Tuesday 4 September 2018

Bikin Puding itu Mudah

Nutrijell Pudding Susu Rasa Mangga.
Rasanya mangga banget!
Ini puding yang paling sering aku buat. Rasanya manis dan segar. Membuatnya pun mudah dan tidak memakan waktu lama. Dalam satu kemasan ini sudah termasuk gula dan susu, jadi hanya perlu ait dan dimasak sampai mendidih saja.

Petunjuk penyajian berdasarkan kemasan :
1. Masukkan Pudding Susu ke dalam wadah, lalu tambahkan 500ml air ke dalamnya, aduk rata.
2. Masak, sambil diaduk hingga mendidih.
3. Tuang ke dalam cetakan dan dinginkan.
4. Pudding Susu siap dinikmati.

Puding, pudding, mangga, puding mangga, puding nutrijell, nutrijell
Membuat puding. Sorry fotonya ga indah.
Petunjuk tambahan dariku :
1. Siapkan wadah untuk puding setelah matang nanti.
2. Sebelum menyalakan api, biasanya aku aduk dulu puding sampai tercampur rata dengan air. Setelah benar - benar tercampur, baru aku nyalakan apinya.
Nutrijell puding susu, nutrijell pudding susu
Ini masih proses, belum merata. 
3. Aku memakai pengaduk kayu, supaya tangan ga terlalu kepanasan saat mengaduk sampai puding mendidih. Gunakan pengaduk dengan tambahan 'bukan penghantar panas yang baik' seperti salah satunya kayu di ujung pegangan pengaduk.
4. Sabar menunggu. Ini makanan instan, yang diperlukan hanya kesabaran untuk menunggu mendidih. Tanda kalau sudah mendidih itu meletup-letup, lalu campuran air dan puding berbuih hingga ke atas. Nah itu udah mateng.
5. Matikan kompor. Jangan sampai lupa!
6. Tuang puding ke wadah yang sudah disiapkan.
7. Bisa ditambahkan nata de coco kalau mau supaya seperti puding di minimarket.
8. Tunggu sampai dingin.
9. Bisa langsung dimakan atau bisa juga dimasukkan ke kulkas biar makin dingin.
Takaran saji nutrijell puding
Zoom untuk lebih terlihat!

Walaupun aku suka banget sama puding ini. Tapi aku ga bisa makan banyak - banyak dan rutin. Ini karena aku mulai membatasi diriku terhadap konsumsi gula. Dalam takaran saji ± 1/3 sachet (58g), itu mengandung gula 42g. Jumlah sajian perkemasan itu ±3, jadi kalau dimakan semuanya sendirian itu jumlah gulanya dikalikan dengan 3. Sementara batas konsumsi gula  yang disarankan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia per orang dalam per hari adalah 50g atau setara 5-9 sendok teh.
Untuk garam sendiri dalam produk ini mengandung 40mg, batas konsumsi garam yang disarankan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia per orang dalam per hari adalah 5g atau setara 5 sendok teh.

Di sini yang ku coba batasi adalah konsumsi gulaku. Puding ini enak. Aku suka. Tapi aku harus tau diri, ga boleh terlalu banyak mengkonsumsinya.

Makan apapun, tidak hanya puding saja, apalagi yang dalam kemasan itu tinggi kandungan gula dan garam. Rasanya enak. Tetap boleh dimakan tapi aku harus mulai membatasinya.


No comments:

Post a Comment