Ads

Friday 3 May 2024

Apakah Kalian Tahu?

Jodoh, rezeki dan maut adalah rahasia-Nya.

Selama ini lebih sering mendengar tentang jodoh dan rezeki yang dibahas, padahal ada satu lagi, yaitu maut. Dari ketiganya, apakah sering terpikirkan kalau maut akan datang lebih dulu dibanding jodoh atau rezeki?
Tidak ada yang tahu.
Tapi kenapa maut hampir selalu dianggap paling jauh, padahal bisa saja justru kebalikannya.
Ini jadi salah satu pengingat buat gue yang sering melakukan procrastination dan abai dengan sekitar.
Gue mau cerita kalau di sekitar tempat tinggal gue tuh ada tetangga baru, menurut ibu gue si tetangga itu orang baik jadi ibu gue seneng banget kalo ketemu dan ngobrol sama dia. Sementara gue kalo lewatin tetangga gue ga pernah nyapa karena ya lewat sekedar lewat aja, dianya juga lagi main hp atau kadang lagi ada tamu, jadi gue sungkan mau nyapa. Sampai akhirnya, suatu hari gue tuh pengen banget ngasih dia coklat, kebetulan saat itu dimana-mana coklat lagi diskon juga. Hari pertama, ah besok aja deh, gue malu. Hari kedua, aduh besok aja deh. Hari ketiga gue ngelewatin minimarket, beli sekarang apa besok pagi aja ya, beli ga ya, besok pagi aja lah. Jam 10 malem ada orang ngetok-ngetok pintu rumah, tapi ga ada yang buka karena udah pada tidur, saat sadar langsung buka pintu ternyata si tetangga itu lagi ngobrol sama tetangga yang lain. Saat itu gue ga nyamperin, ah palingan  air mereka bermasalah, karena memang kemarin ada masalah dengan air atau mesin air. Mereka ga nyamperin rumah gue lagi dan gue pun ga nyamperin mereka di malam itu.

Besoknya ibu gue nanyain ke tetangga yang didatengin rumahnya itu, ternyata tetangga yang semalem ngetok rumah gue mau pindah, dan malam itu juga mereka berangkat. Bener-bener semendadak itu.
Ibu gue jadi ga tenang karena belom sempet pamitan, sampe nangis juga dia. Dan gatau kenapa gue juga sedih banget rasanya. Berhari-hari kami kepikiran. Setelah berhari-hari itu pulalah kami baru bisa dapat nomor hp tetangga itu. Benar saja mereka sudah pindah keluar pulau. Jauh sekali dan begitu mendadak. Setelah bisa menghubungi mereka dan bertukar kabar barulah kami tenang. Walau tentu saja ada banyak penyesalanku. Berbuat baik jangan ditunda-tunda, benar saja. Memang seharusnya tidak ditunda-tunda.

Gue pemalu, sulit memulai duluan, walau selalu pengen menyapa siapapun dengan mudah tapi selama ini tidak pernah terealisasikan. Beberapa tahun belakangan ini tertolong masker. Gimana ya supaya tidak canggung menyapa orang? Sekedar memberi senyum aja gue ga berani karena canggung banget ga sih kalo ngasih senyum ke orang eh orangnya ga senyum balik? Gue takutnya begitu. Tapi ada yang lebih menakutkan, diartikan memberi senyum= naksir. Wey siapa pula yang awalnya menyebarluaskan pemahaman begitu!

No comments:

Post a Comment