Ads

Friday 19 January 2018

Tips Tawar Menawar

Agak males sebenernya tawar menawar harga tuh, tapi kalo ga nawar takut ditinggiin harganya. Ini nih yang jadi salah satu penyebab lebih suka belanja ke -market -market atau toko yang udah patok harga pas. Kalo tawar menawar itu berbelit-belitlah, lama, pake bercanda dulu, pake emosian dulu. Eh tapi katanya itu adalah seninya tawar menawar.
Jadi gimana sih cara tawar menawar itu?

● Jangan menawar sampe setengah harga. Kejam itu say! Selain berisiko kena ceramah penjual, anda juga berisiko dicuekin penjual karna penjual udah keburu males dengan anda yang disangka tidak tau kualitas barang. Memang sih suka ada penjual yang naikin harga di atas rata-rata penjual lainnya. Tapi itu bisa jadi terjadi atas berbagai faktor, seperti bila toko berada di posisi strategis itu biasanya menjual barang dengan harga lebih mahal daripada toko dengan barang sejenis. Kenapa? Karna penjual bayar mahal untuk lokasi strategis itu. Karena lokasi strategis jadi pembeli mudah menemukannya, tidak perlu cape ke sana ke mari mencari alamat, eh toko maksudnya.

Poin plus untuk pembeli adalah pembeli tidak mengeluarkan tenaga ekstra untuk mencari-cari toko.
Poin minusnya adalah adanya selisih harga, kebanyakan harganya lebih mahal.

Jadi gimana dong kalo ga ditawar setengah harga? Maksimal tawar 30% dulu baru naikin jadi 25% dst. gitu. Nanti ketemu titik tengahnya.


● Jangan nawar lagi kalo udah minta harga pas. Karna harga pas adalah harga terakhir, best price, ga bisa tawar lagi.
Jadi mintalah harga kurang kalo masih mau nawar.

● Jangan bandingin sama harga di toko sebelah.
Karna nantinya yey bakal disuruh "belanja aja ke toko sebelah"  begitu. Kan keki pembeli kalo dijawab gitu sama penjualnya.

● Jangan ngaku-ngaku baru kemarin beli dan kemarin harganya murah padahal yey cuma ngarang aja supaya dikasih harga murah, karena apa? Karena yey bisa aja dianggap tukang bohong dan di mata penjual itu yey udah masuk daftar pembeli rese.

● Jangan pergi dengan harapan akan dipanggil kembali oleh penjual. Karna itu udah ga zaman lagi. Kalo memang setelah tawar menawar yey ngerasa udah cocok harganya langsung beli aja. Karena kalo yey pergi dengan harapan akan kembali dipanggil oleh penjual itu bisa - bisa harapan yey kandas dan ketika kembali lagi yey udah kehilangan barang yang yey mau karna udah dibeli orang, atau apesnya kalo yang jual udah males sama yey pas yey dateng harganya dinaikin lagi dan yang jual maunya harga baru aja. Apes deh kalo gitu, bikin dongkol aja kan jadinya.

Jadi tawar harga sewajarnya aja, jangan terlalu jauh selisihnya. Well, gimanapun cara nawar yey itu bebas, pembeli dan penjual sama-sama bebas. Pembeli itu kan bebas nawar harga, nah penjual juga bebas menawarkan harga. Ini tips biar kita ga sama-sama dongkol aja sih kalo ga jadi deal gara-gara harga.

Tips berikutnya adalah :
● Survey harga dulu.
Kalo kita cuma niat nanya doang baiknya bilang ke yang jual kalo niat awal kita tanya harga dulu. Jangan yey liat-liat terus pilih-pilih terus acak-acak ini itu terus baru yey bilang mau nanya harga dulu. Duuh kalo ketemu penjual yang temprament itu yey bisa aja diceramahin balik. Kalo dari awal kita bilang mau nanya harga kan keliatannya jelas di mata penjual bahwa kita lagi nyari tau tentang harga. Beda kalo misalkan kita bilang mau liat-liat dulu tanpa nanya harga. Lagian ada beberapa penjual yang ga masang harga, jadi to the point aja langsung yey tanyain barang yang yey mau berapa harganya dan ada berapa macem gitu tipenya atau barang serupa. Kalo ketemu penjual yang pasrah biasanya ya yey nanya cuma dijawab lempeng sama yang penjualnya, ijk heran sama tipe penjual yang begini, baru jawab kalo ditanya, ga nawarin barang ini itu. Berasa nanya sama Google kan kalo gitu, ah Google aja sekarang aja ada iklannya kok. Tapi kalo ijk males ngomong emang enakan ketemu penjual macem begini sih, jadi telinga ijk denger seperlunya aja, ga berisik denger promoan penjual. Tapi kan ijk jadi gatau toko yang ijk datengin ini punya barang apa aja. Tapi eh tapi kalo yey masuk ke toko yang penjualnya rame itu bisa-bisa yey Malah beli barang di toko itu. Alesannya tidak lain tidak bukan adalah karena yey pusing denger ocehan dan ga enak hati kalo ga beli. Tapi bisa juga karna efek dipaksa penjual. Ijk pernah cari baju untuk acara gitu, masuk ke sebuah toko baju dan baju yang ijk mau ga ada tapi ijk ditawarin terus mau yang model gimana, kaya apa biar dicariin. Duh ijk ga enak sebenernya tapi kalo ijk beli bajunya mahal-mahal banget padahal tadi ijk udah survey di toko sebelah itu harganya lebih miring untuk baju-baju serupa yang ada di toko itu emang lagi trennya itu jadi sama semua jualan bajunya tapi baju yang ijk mau emang kaga ada, langka sepertinya. Jadi ijk mohon maaf ke penjual karna baju yang ijk mau itu ga ada, kalo beli baju karna ga enak sama yang jual, ijk juga ga enak sama dompet ijk yang makin tipis. Jadi ijk pergi deh, ga balik-balik ke toko itu.

Survey harga via online boleh juga tapi jangan langsung dibanding tanpa perbandingan-perbandingan. Kalo yey dateng ke toko dan setelah ditawari harga yey langsung bilang "di online aja murah!" Wah itu yey cari gara-gara namanya. Bisa-bisa yey diceramahin penjualnya. Kenapa sih harga di online lebih murah? Yakin lebih murah?
Yey perlu gadget terus kuota untuk bisa beli barang online. Tapi kebanyakan yey ga memperhitungkan ini. Semakin lama kita survey itu berbanding lurus dengan semakin banyak kuota yang kita habiskan. Belum lagi ongkirnya. Diitung-itung jadinya sama aja mahalnya. Itu kalo yey ga masukin 'menunggu barang datang' itu sebagai pertimbangan ya, dan resiko di ekspedisi gimana nanganin barang pesanan kita. Dan yey transfer via atm via mbanking itu kan kena biaya apalagi kalo beda bank.

Ijk ngantuk, besok lagi deh nulisnya.

No comments:

Post a Comment