Ads

Sunday 20 January 2019

Cacar Air Saat Dewasa

Cacar air.

Kirain ga bakal pernah kena penyakit ini. Eh malah sekarang kenanya. Duh. Mana katanya kalo kena cacar air pas dewasa tuh lebih menyakitkan. Hiks.

Awalnya kena sakit ini tuh bener-bener ga kerasa. Aku baik-baik aja, emang sih badan berasa sedikit lelah. Ah aku anggap itu kecapean. Untuk badan pegal, agak meriang, pusing, itu emang suka saya cuekin. Setelah masa-masa pusing dan meriang saya hilang, saya sudah merasa sehat. Nah kan cuma kecapean doang. Tapi kok di lengan saya ada bentol yang isinya lentingan air ya. Duh jadi agak kepikiran. Terus juga di paha bawah saya udah ada dan udah gede ukurannya. Waduh! Langsung aja saya buka Google buat liat gambar orang kena cacar air. Duh bener aja. Kalo udah segede gini berarti udah lama kenanya. Semoga orang di sekitar ga ada yang ketularan. Karena ketauannya pas udah malem, berarti baru bisa dibawa ke dokter pas besok pagi.

Paginya saya ke dokter, di periksa lalu diberi obat. Saya tanya kalo sakit begini bisa ga saya tetap berangkat kerja? Dokternya bilang istirahat di rumah dulu, takut menularkan ke orang lain juga.

Kata dokternya istirahat 4 hari itu cukup. Tapi ini udah hari kedua dan lentingan-lentingan ini belum ada tanda-tanda kempes. Hufft. Mana malah makin banyak huhu seluruh tubuh kena semua. Sampe cape banget pas olesin salepnya. Satu per satu dan jangan sampe pecah.

Saya tetap mandi selama sakit cacar. Cuci muka juga lanjut terus. Kalo badan lengket, muka berminyak bukannya bikin makin gatel ya, jadi saya tetap mandi. Lalu ganti baju tiap abis mandi. Kegiatan saya selama sakit hanya tidur. Ga tau deh bagus ga nya kalo kegiatan saya cuma tidur doang gini. Makin ke sini, badan saya makin lemas. Rasanya lelah dan hanya sanggup berbaring.


Saya diberi obat dengan dosis 5x2 tablet sehari. Hari pertama saya kebingungan duh kapan aja nih saya minumnya. Pertama saya minum jam 09.30, lalu 13.30, 17.30, 21.30, 01.30. Iya jam setengah 2 pagi saya pasang alarm buat minum obat. Baru pada hari ini saya minum sekitar pukul 06.30an, lalu pukul 10.30, nanti pukul 14.30, 18.30, 22.30. Nah kan jadi pas. Hehe.

Oia aku baca-baca lagi di blog orang emang cacar ini dari melenting sampe kempes sampe mengering perlu waktu lama. Jadi anggapanku yang dalam 4 hari cacar akan kering itu ga bisa secepat itu rupanya. Hari ke dua ini masih banyak cacar yang baru bermunculan, yang sudah muncul malah ukurannya jadi besar-besar. Duh nanti gimana ngurus bopengnya ya. Ckck.

Selama sakit ini aku berusaha istirahat cukup, makan makanan bergizi, dan mengelola stres. Tapi untuk mengelola stres itu aku ga bisa. Malah banyak pikiran dan ga menemukan solusi. Rasanya lelah sekali.

Update hari ke 6 (24/01/2019)

Udah hari ke 6 kena cacar air, kok belom pada kering ya? Baca-baca pengalaman orang di hari ke 6 ini udah pada kering, udah ada yang ngelupas. Kok aku belom???

Apa gara-gara aku telat berobat ya? Duh sedih lahh lama banget sembuhnya. Mau ngamuk sama dokternya karna abis ke dokter cacarnya malah makin banyak. Eh tapi baca-baca pengalaman orang di kasih obat sama dokter itu emang buat ngeluarin semua cacarnya.  Dan sekujur tubuhku penuh cacar air. Ada yang pecah juga, gatau kapan pecahnya. Udah pecah tapi ga kering-kering juga. Heran deh. Sebel juga.

Udah mandi air anget pake PK, minum obat, pake salep cacar air juga, istirahat juga, makan juga, lama banget ga sembuh-sembuh. Ini 6 hari udah kaya setahun kali ya lama banget.

Mana baca-baca lagi katanya hilangnya bekas cacar itu 6 bulan. Aduh itu rasanya kaya berapa tahun ya? Ha ha.

Besok aku update lagi perkembanganku.

Hari ke 7 (25/01/2019)

Udah hari ke 7 nih cacarku belum kering-kering. Curhat ke temen katanya salep acyclovir nya ga usah dipake itu bikin lama kering.

Tapi aku takut kalo ga pake itu nanti cacarku ada yang pecah nyebar lagi. Jadi aku tetep lanjut deh pake salepnya.

Kayanya bakal di hari ke 10 cacarku kering.

Hari keberapa ya ini? 9 kayanya. Udah males banget minum obat yang ga abis-abis. Tapi tetap ku minum kok.

Cacarku udah mulai mengering. Tapi nih aku ketularan batuk dari orang yang udah batuk berminggu minggu tapi ga mau ke dokter dan kalo batuk terus buang ludah itu malah di teras. Kan bikin virusnya kemana-mana. Nular deh ke aku. Sebel banget deh sama tetanggaku itu. Ingin pasang spanduk besar depan rumahnya tentang larangan buang ludah sembarangan. Pengen berkata kasar juga sih. Tapi ya semua itu hanya wacana. Yaudahlah udah ketularan juga. Sakit dari batuk ini gejalanya lebih parah dari cacar. Sampe meriang, badan ngilu-ngilu, batuk yang sampe bikin perut sakit banget. Padahal aku baru pemulihan dari cacarku.

Tiap kali denger tetanggaku batuk terus buang ludah di depan itu aku jadi emosi. Padahal batuk selama berminggu-minggu itu wajib berobat ke dokter, ini kok malah dibiarin. Mungkin yang batuk ngerasa baik-baik aja kali ya, tapi kan dia menularkan ke orang sekitar. Tetanggaku itu bukan dari kalangan ga mampu kok, sebulan sekali minimal ke luar kota, seminggu sekali wajib jalan-jalan di dalam kota. Kok ke dokter aja ga mau. Ada puskesmas juga kok, terjangkau. Kalo punya BPJS malah ga keluar biaya lagi pas ke puskesmas.

Buat yang ga sengaja baca tulisan ini, please banget kalo batuk apalagi udah berminggu-minggu, lekas berobat ke dokter ya. Buat yang masih suka buang ludah sembarangan juga please hentikan. Jorok dan menebar virus.

No comments:

Post a Comment