Ads

Tuesday 31 October 2017

Belanja Online

Tinggal klik klik klik terus nanti barangnya dikirim. Telat banget baru mulai belanja online di tahun ini. Kesan pertama belanja online itu simple dan bikin nagih. Hehe.

Pertama kali belanja online tuh pake Lazada dengan cara pembayaran di tempat. Sorenya pesen eh besok pagi kurirnya udah datang. Wow sepraktis ini? Penjual yang nganterin barang ke pembeli? Waktu pesen itu belom daftar jadi anggota cuma sekedar pengunjung. Puas banget sama pelayanan Lazada ini.

Pembelian kedua dari Bukalapak. Yang ini juga sama kaya Lazada belum sampe download aplikasinya, masih via browser. Tapi kalo Bukalapak wajib daftar untuk pemesanan jadinya daftar deh. Pilih-pilih barang dan cek harganya akhirnya nemu barang tujuan dengan harga paling murah. Pesen, transfer dan tinggal nunggu barang dikirim. Yang enak dari Bukalapak nih kalo kita klik barang tujuan kita nanti di bawahnya ada produk serupa dengan berbagai variasi harga, jadi gampang buat ngebandinginnya. Pesanan pertama di Bukalapak memuaskan. Sellernya ramah dan sabar, kalo untuk lama pengiriman sih standarnya ekspedisi. Memang ga secepat Lazada, tapi seller di Bukalapak ini termasuk cepet ngirim ke ekspedisinya.

Pembelian kedua ketiga sampe entah ke berapa terus pesen di Bukalapak. Berbagai macem seller dan jualannya. Pinter-pinter milih aja, liat yang review - review juga. Pernah pesen di lapak yang engga banget deh, pelayanannya jelek, barang-barangnya juga jelek. Bikin nyesel. Iya sih salahnya karna udah baca review orang-orang tuh jelek tapi masih nyoba tetep pesen, soalnya pernah juga pesen barang yang reviewnya ada yang jelek tapi masih ok barangnya. Nah kali ini giliran kena zonk beneran. Mulai dari barang ga sesuai pesanan dan ga diinfokan, terus jumlah barangnya juga ga sesuai, tanya baik-baik ke sellernya kok ga ada pemberitahuan kalo barangnya tidak sesuai eh malah ga dijawab. Terus-terusan coba chat pelapak, mulai dari barang yang ga sesuai sampe yang barang kurang, bayar untuk pembelian 2 item datengnya cuma 1 item. Wajar dong kalo komplen. Tiap chat sama sellernya malah nanya barang yang mana ya? Padahal udah di kirim foto-fotonya sama nomer transaksi. Karena ga sesuai dengan pemesanan, mana ternyata ada barang yang rusak juga setelah di cek lagi, ampun deh kaya beli barang bekas kalo kaya gini. Akhirnya ajuin komplen, dari Bukalapaknya ngasih ruang diskusi. Diskusi sama sellernya sampe akhirnya seller ngetik chat pake capslock semua bilang kalo gamau ya balikin aja barangnya. Ok lah kalo gitu, saya minta refund juga. Saya minta alamat seller eh ga di bales-bales. Baru setelah berapa hari sellernya muncul. Barang akan saya kirim tapi dananya juga saya minta refund. Diskusi ditutup otomatis sama aplikasinya. Heran itu seller kenapa malah marah-marah begitu. Ada juga saya yang marah-marah ke dia. Akhirnya barang saya kirim, ongkir juga saya yang tanggung. Saya pantengin terus tracking kurirnya sampe mana. Ketika ada notif barang udah terima langsung saya konfirmasi ke sellernya. Eh sellernya pura-pura bego. Saya ulang lagi dari awal tentang komplenan tentang kesepakatan di diskusi kemaren sampe tuh barang akhirnya saya pulangin. Respon seller? Nanti. Besok. Nanti. Besok. Tiap ditanya di hari esok selalu seakan lupa. Terus saya tagih tiap hari, dan setiap hari pula dia lupa. Sampe sekarang uangnya ga dibalikin sama sellernya. Boro boro ganti ongkir.

Sama seller yang lain ga sampe kaya gitu pelayanannya. Memang pernah ada barang yang ga sesuai dari seller lain juga tapi ya dia jelasin alesannya, malah kadang sebelum dikirim seller lain suka nanyain dulu tetep mau ga kalo barangnya beda karna pas dicek lagi ternyata barang yang saya mau udah ga ada. Kalo gini kan enak. Lha seller yang ituuuu, ditanya ga jawab-jawab apa alesannya, wajar dong saya terus tanyain, apalagi barangnya juga ga berfungsi. Seller kaya gini bikin kapok, beda sama seller pertama yang saya order pertama di Bukalapak. Terus-terusan pesen di Bukalapak karna kesan pertama ketemu sama seller yang ok.


Sekian lama pake Bukalapak, Akhirnya tertarik sama Lazada lagi. Unduh aplikasinya, eh ternyata tiap hari selalu ada Flash Sale, harganya miring banget. Yang bikin nagih di Lazada bukan flash salenya, tapi pengirimannya yang super cepat. Beberapa kali pesen di Lazada dan puas banget sama kurirnya. Kalo untuk barang sih pas beli di Lazada lebih hati-hati, takut ketemu seller yang Zonk kaya di Bukalapak. Makanya tiap kali pesen di Lazada ini selalu berusaha nyari yang emang Official Shopnya dan barang disediakan oleh Lazada. Selama ini sih selalu memuaskan ya belanja di Lazada.

Shopee. Pake aplikasi ini karena penasaran sama gratis ongkirnya. Eh ada S&K nya rupanya. Kalo di Lazada gratis ongkir untuk pembelian Rp50.000 ke atas dan 7Kg pertama. Nah di Shopee ini seminggu cuma bisa 3 kali aja gratis ongkirnya itu juga dengan pembelian minimal Rp90.000. Terus sebulan cuma bisa berapa kali gitu bisa gratis ongkirnya. Pake aplikasi ini senengnya sama flash salenya karena banyak pilihan dan sehari 3 kali flash salenya. Yang paling berkesan dari Shopee ini saat 10.10 kemarin. Bisa dapet koin shopee sampe di atas Rp100.000. Pas 10.10 itu belanja lumayan banyak. Oia sebelum 10.10 itu di shopee emang lagi ada promo makanya bisa dapet koin shopee segitu banyak. Kalo sekarang mah mau dapet koin Rp10.000 juga mesti belanja sangat banyak. Belanja di Shopee juga mesti liat-liat sellernya, salah - salah ketemu yang kaya di BL itu.

JD.ID. Unduh aplikasi ini karena penasaran liat orang-orang pake tas JD.ID. Pas liat harganya di sana emang lebih mahal tapi yang lebih murah juga ada. Jaminan beli di sini tuh karena keoriginalannya. Jaminan mutu deh. Kalo ada yang ga sesuai bisa komplen juga. Tapi sih selama ini selalu puas sama aplikasi ini.
Belum lama ini nyoba pesen bedak Innisfree via JD.ID tadinya mau pesen di Shopee karena di Shopee banyak bgt yang jual dan harganya sangat bervariasi saya jadi bingung, akhirnya coba deh ke JD.ID siapa tau ada eh beneran ada, pas banget lagi diskon. Langsung pesen deh.

Tokopedia. Duh yang ini malah belakangan ya padahal lebih dulu liat iklannya di mana-mana. Kalo di sini baru pesen sekali doang. Aplikasinya standarlah menurut sama 11 12 sama BL. Belum tau lebih banyak tentang TokPed ini.

Elevenia. Penasaran sama diskon voucher-vouchernya tapi belum pernah transaksi apapun.


Nah itu dia pengalaman-pengalaman belanja online. Hehe.

No comments:

Post a Comment