Ads

Sunday 29 April 2018

Depresi

Depresi dan semua stigma buruknya.
Gila? Yah biar deh dibilang gitu, I don't care. Dokterku pun bilang jangan terlalu ambil pusing omongan orang. Ini untuk kasusku ya. Beda orang, beda kasus, tentu beda nasihat dan solusi.

Dulu pernah curhat di blog ini eh Google Adsense ku jadi ilang. Mungkin karena curhatanku dinilai terlalu negatif ya. Jadi ku hapus curhatan-curhatan itu.

Stigma negatif terhadap orang depresi menurutku karena masih banyak orang - orang yang ga paham penyakit jiwa. Kadang disepelein, kadang malah terlalu ditanggapi berlebihan (depresi dianggap sama dengan gila, disangka kerasukan jin, diguna-guna orang, dll).

Penyakit jiwa memang ga keliatan tapi lama - lama ke fisik itu keliatan, yah tapi ga instan langsung keliatan memang perlu waktu.

Ini dari yang aku alami aja ya, makin lama tuh badanku makin ringkih, jadi sering berobat ke dokter umum. Sakitnya sih sepele, macem sakit kepala, perut kembung, gusi bengkak, diare, pegel - pegel, gatel - gatel. Yah sepele kan? Walau sakit sepele gini tapi aku ke dokter. Tiap minggu aku ke dokter karena ada aja sakitnya akutu. Pernah dulu ngerasa ga enak badan tapi cuek biarin aja nanti sembuh sendiri eh ternyata kena demam tifoid alias tipes. Pernah juga sebulan batuk ga sembuh - sembuh. Gatel - gatel pun saya ke dokter, kata dokternya aku harus mandi. Padahal gatelnya itu terutama kalo abis mandi. Yowes aku kasih bedak bayi aja kulitku yang gatel - gatel itu. Syukurlah sembuh. Dingin banget mandi malem - malem tuh. Tapi mandi malem tuh bikin relax. Seger.

Biarpun tiap sakit selalu ke dokter tapi badan ini tetap merasa lemah, letih, lesu, lunglai. Minum suplemen penambah hemoglobin pun ga ngaruh. Kalo tetep ke dokter umum cuma dikasih vitamin. Tapi selain badan makin ringkih, emosi ini juga makin ga stabil. Ku ingin marah melampiaskan tapi ku hanyalah sendiri di sini, ingin ku tunjukkan pada siapa yang ada... bahwa hatiku kecewa. Udah kaya lagu ya. Tapi emang aku tu bawaannya jadi cepet bgt emosi pengen marah - marah, tiba - tiba suka nangis sendiri, seringnya ngobrol sama orang eh malah aku nangis, ibaratnya ya dengerin dangdut lagu happy aja aku bisa - bisa nangis, ga stabil memang emosiku tapi lebih dominan aku ke melankolis. Amit - amit deh aku tu jadi galak banget tapi juga jadi cengeng banget.

Minggu pertama minum obat itu moodku membaik.  Tapi banyak efek samping yang ku terima, salah satunya mual dan pusing kalo aku ga gerak. Jadi aku harus gerak supaya ga pusing. Yaudah aku mondar mandir aja daripada pusing. Minggu ke dua side efect yang aku rasain tuh berasa ada yang bengkak di leherku jadi aku susah nelen gitu, padahal kalo ngaca leherku ga kenapa - kenapa. Kalo mual sih masih. Tapi di minggu ke dua ini aku udah ga pusing lagi kalo ga gerak. Jadi aku bisa lebih kalem. Oia nafsu makanku pun jadi terkontrol, tadinya ya aku tuh abis makan seporsi cowok itu masih ngerasa laper aja. Ada yang ga bereskan kalo gitu. Nah semenjak mengkonsumsi obat ini aku udah ga serakus itu. Berat badanku turun, makanku cukup dan ke badan tuh enak banget ringan.

Segini dulu, kapan - kapan aku lanjutin lagi.





No comments:

Post a Comment