Ads

Monday 11 March 2019

Pusing setelah nonton Blue is the Warmest Color

Apa yang kupikirkan setelah menonton film ini adalah... "Kenapa? Kenapa gue nonton ini? Kenapa gue nonton sampe abis?!" Huftt. Jadi begini, setelah nonton film ini gue jadi ga tenang, galau, kepikiran mulu sama Adele. Semoga Adele baik-baik aja selanjutnya. Nonton film ini tuh berasa masuk ke kehidupan Adele, berasa deket banget sama kehidupan Adele, tiap Adele senyum jadi ikut senyum, waktu Adele sedih jadi ikutan sedih.

Soal sinopsisnya udah beredar dimana-mana ya, jadi ga akan gue tulis ulang. Apa aja yang gue pikirin setelah nonton film ini tuh :
1. Berasa naik roller coaster. Campur aduk deh. Di ending-nya gue cuma bisa menghela nafas.

2. Kasian sama Adele. Pertama-tama dia berhubungan sama cowok satu sekolahnya, tapi bukan itu yang Adele cari. Saat pertama papasan sama cewek, yang kemudian jadi cinta pertamanya saat mau ketemuan sama Thomas, saat itu cewek yang dia liat lagi sama pasangannya. Dan pas endingnya juga Adele liat cinta pertamanya yang udah jadi mantan tapi masih dia cintai lagi sama pasangan barunya. Nyesek.

3. Adele banyak berkorban untuk bisa bareng Emma. Dia dibully temen-temen sekolahnya, ortu Adele juga kurang suka sama Emma. Adele merahasiakan hubungannya sama Emma, dia ga bisa ngasih tau ortunya seperti Emma ngasih tau hubungan dia sama Adele ke orang tuanya. Hubungan yg membahagiakan untuk Adele tapi mungkin bisa jadi hal yang menyakitkan buat ortu Adele.

4. Adele beda pandangan sama Emma, tapi Adele tetap bertahan, karena Adele cinta Emma. Susah tau menjalani hubungan dengan orang yang berbeda pemikiran dengan kita. Salah-salah malah bikin jadi berantem. Atau kalo ga berantem ya batin "kok pasangan ga ngertiin sih", atau " hmm ini pasangan ga sepemikiran ah susah jelasin mulu".

5. Kejadian-kejadian di bangku taman di bawah pohon itu selalu memorable buat gue. Di bangku itu, pertama kali Adele dilukis, lalu adegan lainnya juga dibangku itu, dan waktu Adele diputusin dia pergi ke bangku itu sendirian. Dulu dia ada di bangku itu sama Emma. Aku yang nonton Emma natap Adele juga jadi ikut tersipu. Tapi kemudian sadar bahwa tatapan jatuh cinta Emma sama Adele ini tatapan yang sama saat Emma lagi sama Lise waktu mereka ngobrol. Di mulai dari adegan Emma dan Lise bercengkrama itu aku ngerasa Emma udah ga sejatuh cinta sama Adele seperti saat awal sama Adele. Emma jatuh cinta sama Lise, sama seperti waktu Emma jatuh cinta sama Adele dulu. Kalau diingat-ingat, bukankah saat pertama kali duduk di bangku taman itu Emma masih sama Sabine, tapi Emma jatuh cinta sama Adele.

6. Bingung. Iya gue ngerasa bingung. Abisan Adele sama Emma tuh kayanya ditakdirin bersama gitu. Dari pertama mereka papasan di jalan; lalu saat di bar, Emma udah ada di belakang Adele saat Adele memasuki bar tempat Emma, lalu ketika Adele tatap-tatapan sama Emma di bar waktu Emma di atas, lalu Emma lindungin Adele ketika ada yang gangguin Adele; Emma sampe ngedatengin sekolah Adele dan ketemu sama Adele, mereka akhirnya duduk di bangku taman, lalu Emma ngelukis Adele; Emma bener-bener ngehubungin Adele, dia beneran nelpon Adele. Waktu unjuk rasa, kejadian di taman, saat memperkenalkan ke keluarga Emma. Hmm kejadian yang disangka takdir dan berkesan sih saat pertama kali papasan di jalan dan kejadian di bar. Setelah kejadian di bar kan memang Adele ngasih tau sekolahnya di mana.

7. Adele selingkuh karena kesepian tapi dia ga pake hati. Iya pelampiasan dong. Emma bisa deket sama Lise, kenapa dia engga? Walau begitu hatinya Adele tetep buat Emma. Aku sendiri yang ngeliat keakraban Emma dan Lise waktu itu juga cemburu banget, apalagi tatapan Emma itu tatapan yang sama waktu awal jatuh cinta sama Adele.

8. Sebel. Adele kenapa sih ga ngomong aja kalo dia cemburu, dia pengen Emma ada waktu buat dia juga. Bukannya pas Adele pulang itu selalu kosong, Emma sibuk banget. Gatau beneran sibuk sama kerjaan apa sibuk sama Lise.

9. Tiga tahun berlalu Adele ketemuan sama Emma. Hm ikutan sedih kaya Adele saat momen di kafe ini. Bener-bener harus sadar kalo orang yang kita cinta udah ga sama kita.

10. Sakit. Sesakit Adele ngeliat Emma sama Lise di pameran Emma.

Nulis ini terpotong makan. Jadi lupa mau nulis apalagi.

Oh ya, biarpun film ini tokoh utama cewek sama cewek, tapi menurutku yang ada dikisah ini bisa terjadi sama siapa aja. Kamu bisa jatuh cinta pada pandangan pertama, entah dengan lawan jenis atau sesama jenis. Dan dalam menjalin hubungan pun mau homo atau hetero bisa aja pasangan menemukan cinta baru. Suka denger kalo ada yang bilang hubungan sesama jenis itu lebih kuat daripada sama lawan jenis karena lebih tau apa yang dirasakan pasangan karna ya sama jenisnya. Kalo menurutku itu ga bener. Punya hubungan dengan sesama jenis atau lawan jenis itu resikonya sama. Tergantung pribadinya masing-masing, seberapa kuat komitmennya.

Di satu sisi aku mikir Adele dan Emma bisa sampe putus itu karena kurangnya komunikasi diantara mereka, Adele ga menyampaikan apa yang bener-bener dia rasain, Adele ga bilang dia kesepian karena Emma selalu ga ada, baru pas berantem itu Adele baru ngomong. Buat yang heteropun hal kaya gini bisa kejadian. Kurang komunikasi bisa ganggu hubungan.

Di satu sisi aku mikir juga kalo mereka putus karena Emma udah menemukan cinta yang baru. Ya, Lise.
Cinta itu menurutku ga abadi, bisa pudar, bahkan hilang. Yang membuatnya abadi adalah komitmen untuk tetap mencintai. Ku pikir rasa cinta Emma sama Adele udah ilang. Dan hal kaya gini kan bisa juga terjadi sama yang heteroseksual. Tapi di satu sisi lainnya dari sisi ini aku mikir kalo cinta itu ga abadi, bisa hilang, tapi kenapa Adele masih tetep mencintai Emma?

Aku juga jadi mikir. Apa orang kita cintai itu bisa cocok kalo jadi pasangan kita.

Aku kalo nonton ini tuh berasa tragis banget jadi Adele.
Pokoknya film ini tuh endingnya ga semanis awalnya.

No comments:

Post a Comment