Ads

Thursday 27 February 2014

Sekolah (part 3) : Kelas 3, 4 dan Ruang Komputer


kelas 3, kelas 4 dan ruang komputer
Kemaren baru sampe kelas 2 ya? Sekarang lanjut ke kelas 3 ya. 

Ruangan kelas 3 ini adanya di samping kelas 1 dan kelas 2. Ruangannya  lebih kecil dari ruangan lainnya makanya waktu kelas 3 ini dipecah, dibagi 2, satu namanya 3A dan satu lagi 3B. Jadwal masuknya ganti-gantian, kalo anak kelas 3A masuk jam setengah satu sampe jam setengah tiga maka anak kelas 3B masuk dari jam tiga sampe jam 5. Tapi ini ganti-gantian kok, minggu ini anak 3A masuknya pertama nanti di minggu selanjutnya masuk lebih kedua atau lebih sore. Ribet ya? apalagi kalo udah keterusan masuk di jam tertentu padahal minggu selanjutnya udah beda jadwal. 

Gue pernah nih ngalamin hal kaya gini, gue masuk jam 3 tapi karena lupa gue jadi dateng jam 12, haduuuh. Tapi gara-gara ini gue jadi tau perpustakaan. Perpustakaan sekolah gue letaknya di ujung, deket mushola. Gue sebenernya sih ragu mau masuk ke perpus apa nungguin di kantin aja, soalnya perpusnya ga ada yang jaga, sepi. Perpus sekolah gue ini, menurut gue nyatu sama UKS soalnya ada Ranjangnya tapi ada rak-rak buku juga terus gue intip ke belakang rak itu ada termos, gelas, gula sekaligus jadi dapur kali ya? Plang nama diatas pintu sih gue liat tertulis "perpustakaan". Yaudahlah karna penasaran akhirnya gue masuk aja, liat-liat buku dan gue menemukan banyak buku menarik disini. Buku-bukunya sih emang buku-buku lama, keliatan dari fisiknya dan pas gue liat tahun terbitnya juga emang buku-buku ini terbitan lama. Selanjutnya gue berniat untuk mengunjungi perpus lagi dan datang lebih awal dari jam gue masuk. Tapi ga seawal sampe gue dateng ke sekolah jam 12 lagi. sekitar jam duaan deh. 

Besoknya gue dateng jam segitu dan karna udah ada seorang temen gue jadi gue ngajak dia buat ke perpus. Kami keasikan membaca dan disana ga ada jam dan akhirnya kami pun telat masuk kelas. Untuk selanjutnya gue lupa gimana prosesnya dan waktu itu beberapa temen gue, masih itungan jari sih jadi suka mampir ke perpus. Apalagi kalo masuk jam 12, pulang sekolah kami suka mampir dulu ke perpus dan pinjem buku. Pinjem buku? gimana caranya ya? Kan selama ini perpusnya ga ada yang jaga. Gatau, gue lupa, pokoknya gue selalu membawa pulang buku untuk dibaca tapi gue balikin lagi kok.

Waktu kelas 3 ini, karna muridnya dibagi dua jadi dalam satu kelas jumlah murid jadi lebih sedikit. Belajar juga jadi lebih fokus dan gue udah ga duduk di belakang lagi. Bangku paling belakang yang pernah gue dudukin di kelas 3 ini letaknya ketiga dari depan haha. Gue juga pernah duduk paling depan, sampe dua kali gue duduk di depan, enak sekaligus deg-degan.

kita adalah teman


Di kelas 3 ini juga gue dapet temen-temen yang lebih akrab, kami tiap hari pulang bareng. Sebenernya jalan pulang gue sama mereka tuh beda, gue timur dan temen-temen gue ke barat. Tapi gue lebih sering ikutin jalan pulang mereka dan akhirnya perjalanan gue jadi lebih jauh. Itu ga masalah sih, di sepanjang perjalanan kita bisa puas ngobrol sambil makan jajanan, itu tuh rasanya menyenangkan banget. Gue bener-bener menikmati saat-saat ini. Ahhh..gue jadi kangen saat-saat itu.

Oia, di sekolah gue, tepatnya mulai diangkatan gue, kelas 3 itu udah ada bahasa Inggris padahal di sekolah sebelah bahasa Inggris itu adanya di kelas 4. Ini bener-bener baru. Oleh karna itu juga, guru bahasa Inggris gue ngadain pelajaran bahasa Inggris tambahan di hari Minggu tiap sore. Enak sih, tiap hari jadi ketemu sama temen-temen hehe.

Lanjut...

Kelas 3 yang makan waktu sampe lebih-kurang setahun itu rasanya bentar banget. Ga berasa, tau-tau udah naek kelas aja.

Kelas 4 ini letaknya di samping kelas 3, ruangannya lebih besar dan di kelas 4 ini, anak-anak kelas 3A dan 3B disatuin. Kebayangkan betapa padetnya? Penuh banget! sampe harus duduk bertiga. Duduk bertiga? Sebenernya waktu kelas 1 juga ada yang duduk bertiga. Tapi waktu kelas 2 kayanya udah ga ada lagi. Waktu kelas 3 sih jelas ga ada yang sampe duduk bertiga, malah nyisa beberapa bangku kosong.

Mungkin karna akumulasi veteran kali ya makanya jadi nambah banyak. 

Kalo waktu kelas 3 tiap beberapa minggu kita di rolling posisi duduknya, ga sekedar pindah barisan tapi juga orangnya, nah di kelas 4 ini rollingnya cuma sekedar pindah barisan. Ga banyak cerita sih di kelas 4 ini. Malah gue rada bete waktu kelas 4.

Kelas 4 ini, waktu belajarnya lebih lama. Dari jam setengah satu sampe jam 5. Istirahat jam setengah 3 sampe jam 3. Ini bener-bener baru buat gue. Gue belajar seperempat hari cuyyy..! Gue juga sekarang ngalamin yang namanya istirahat dan uang jajan gue bertambah. Mata pelajarannya juga nambah sih. Karna bahasa Inggris udah ada mulai kelas 3 jadi nambahnya pelajaran ini ga gitu berasa. Komputer, itu dia si pelajaran baru. Awalnya yang bakal ngajar komputer ini dua orang, cowok, pertama masuk mereka ngejelasin tentang apa itu komputer, laptop, hardware, software. Haha masih ingetkan gue? Jelaslah orang penjelasan itu doang yang ada di buku gue, selanjutnya ga pernah ada penjelasan lagi, langsung praktek. Gue udah lupa gimana murid-murid bisa masuk ke ruang komputer soalnya kan muridnya banyak banget tapi ruangannya cuma segitu, entah itu dibagi 2 atau semuanya dimasukin terus duduknya berdua untuk satu komputer, apa dibagi dua gelombang tapi duduknya masih tetep berdua untuk satu komputer? gue lupaaa..



Ruang komputer? ruang komputer ini letaknya di ruang perpus. Sekarang jadi ga bisa masuk perpus, kenapa? Semenjak disatuin sama ruang komputer, ruangan ini jadi selalu dikunci. Semenjak itu pula gue ga pernah baca buku perpus lagi. 

Pelajaran komputer ini, isinya cuma gambar di paint doang. Ga belajar ms.office. Belajar ngetik aja pakenya tetep paint. ckck. Kadang malah cuma maen game. Maen minesweeper sama maen pipa. Maen kartu? ga bisa, ga ngerti haha eh itu cuma berlaku buat gue.

Waktu kelas 4 ini juga diadain les alias pelajaran tambahan dihari minggu. Tapi masuknya dari pagi. Kalo lagi pelajaran tambahan gini gue suka bingung, kenapa? Jajanan jadi dikit, siapa juga coba yang jualan di hari minggu.

Waktu kelas 4, entah kenapa? kalo ga salah karna rangking, gue dipilih buat ikut pramuka di sekolah lain. Duh.. kan gue ga suka pramuka! Karna emang ga suka makanya jadi berasa berat banget. Bawa-bawa tongkat, semaphore, pake baju pramuka lengkap, aaa... ribet. Tapi gara-gara ini gue jadi dapet banyak temen haha ternyata gue yang paling kecil disana, mereka semua itu kelas 5 dan gue masih kelas 4. Gue dapet temen yang searah rumah sama sekolahnya sama gue, dia sekolah disamping sekolah gue ternyata. Enak jadi punya temen. Sekolah yang gue datengin ini menurut gue keren banget ya, SD juga sih tapi bertingkat, lapangannya gede, musholanya gede, keren !

Pramuka Penggalang
sumber gambar : klik disini
Gara-gara ini juga, waktu kelas 4, tiap sore gue jadi dateng ke sekolah buat latihan pramuka. aaa... gue kan ga suka pramuka! Kakak pembinanya sih gue akuin baik, baik banget malah. Tapi ya gatau kenapa gue emang bermasalah sama pramuka jadi ya tetep aja berat. Di kelas 4, waktu pramuka jadi lebih lama. Hari sabtu, setelah istirahat sampe pulang itu waktunya pramuka. Bawa tongkat, barisnya per regu. Dan gara-gara tongkat, tepatnya warna tongkat, kita ade kelas, ga boleh nyamain warna tongkat kakak kelas kalo ga mau dilabrak. Haha sepele banget. Tapi ga kejadian kok.

Di kelas 4 juga, muncul tambahan pelajaran yaitu menari, aihhh pramuka aja gue ga suka apalagi nari. Nari ini jadwalnya hari sabtu dari abis istirahat sampe pulang sekolah. 

Lho ? kok sama jadwalnya sama pramuka? Iya emang sama kok, awalnya sekelas kita ikut pramuka semua tapi semenjak ada nari ini yang ikut pramuka jadi anak cowoknya aja, ceweknya nari. Kalo pramuka di lapangan, kalo nari di mushola. Bagi gue ini sih sama aja kaya lepas dari mulut buaya masuk ke mulut harimau. 




(bersambung...)


Lihat juga  :

Sekolah part 1
Sekolah part 2
sekolah part 4
sekolah part 5
Sekolah part 6 : Kantin, Taman dan Kebun

No comments:

Post a Comment