Ads

Monday 7 April 2014

Baca

Gimana caranya ngajarin anak-anak supaya bisa baca?
Ternyata ga gampang ya bikin mereka tertarik belajar membaca, kalo diajak belajar malah kabur, nyari alesan supaya ga jadi belajar. 


Hmm... gue sendiri sekarang udah bisa baca, tulis dan hitung alias calistung. Padahal dulu gue ga bisa, dan dulu juga kalo gue diajakin buat belajar gue selalu nyari-nyari alesan supaya ga jadi belajar. Gimana caranya sampe gue bisa calistung?

Perlu proses yang cukup panjang. Di rumah, sebelum gue masuk SD, sebenernya gue udah diajarin gimana caranya baca, tulis dan hitung. Kalo baca dan tulis diajarin sama teteh gue dan kalo ngitung diajarin kakak gue. Tapi gue tetep belom bisa calistung saat itu. Beruntunglah gue karna saat itu kalo mau masuk SD ga pake tes-tesan dulu. Jadi gue yang belom bisa calistung masih bisa masuk sekolah. Tapi, sekarang anak TK aja udah pada bisa baca, gue tetep kagum sama anak-anak itu, hebat banget! 

Waktu gue SD, kelas 1, gue masih belajar baca dengan cara : 

i-en-i-NI, INI
be-u-BU de-i-DI BUDI
INI BUDI
i-be-u-BU IBU,
be-u-BU de-i-DI BUDI
IBU BUDI
be-a-BA pe-a-ka-PAK BAPAK,
be-u-BU de-i-DI BUDI,  
BAPAK BUDI.

Selain Budi ada juga Ani,
a-en-i-NI, ANI. Abis itu sama kaya si Budi, mengeja lagi untuk ibu dan ayah.

Lagi..
be-a-BA ce-a-CA,BACA.
be-u-BU ka-u-KU, BUKU
es-a-SA ye-a-YA, SAYA.
pe-u-PU es-i-SI eng, PUSING.

Nah dulu, -eng- ini yang lumayan susah.

Hmm... kalo sekarang kelas 1 SD kayanya udah ga belajar ini lagi deh.

No comments:

Post a Comment