Ads

Friday 11 April 2014

Tabungan

Tabungan

Tabungan adalah...
eh kok gue jadi bingung ya ngejelasinnya kaya gimana. Tabungan, tabung, apa kata tabungan itu berasal dari kata tabung? Tabung kan nama bentuk, bentuk yang seperti bambu itu, silinder. Jadi... 
Tabungan adalah simpanan. Uang tabungan artinya uang simpanan. Tabungan, menabung, penabung...
Baca : http://kbbi.web.id/tabung 

Menabung ga cuma bisa di bank aja, bisa di celengan, bawah bantal, bawah kasur, terserah deh. 

Gue sendiri, semenjak tau duit, jadi punya kebiasaan buat menyisihkan uang yang gue punya, maksudnya gini, kalo hari ini gue dikasih uang Rp500, maka yang boleh gue jajanin cuma Rp250, paling mentok Rp300 deh. Kenapa ga langsung di abisin aja? Karna kemungkinan nanti atau besok gue ga dapet uang jajan lagi. Dan lagi pula, ngumpulin duit itu kegiatan yang seru. 
Seiring dengan bertambahnya umur, gue pun tau kalo fungsi uang tuh bukan cuma buat beli jajanan yang bisa dimakan, bisa buat beli buku, pensil, rautan... eh jadi dulu, gue gatau caranya beli benda-benda selain makanan? Bukan gatau cara belinya sih, tapi dulu gue mikirnya benda-benda itu ga harus dibeli dengan uang jajan gue, uang jajan gue ya khusus buat beli jajanan. 

 

Waktu kelas 1, uang jajan gue itu Rp1000 perhari,  eh Rp1000 apa Rp500 ya? Dulu uang segini lumayan gede buat gue yang baru kelas 1, bisa buat beli Roti sama es teh, kalo uang jajan gue Rp1000 berarti, gue nyisihin gope. Tapi kayanya waktu kelas 1 uang jajan gue emang Rp1000 deh. Kelas 2, uang jajan gue kayanya masih Rp1000, tapi ada tambahan Rp500, soalnya tiap pagi, gue ngaji, jadi uang jajannya ada dua, buat sekolah dan buat ngaji. Kelas 3, uang jajan gue jadi Rp2000, dan uang jajan ngaji gue Rp500. Kalo di sekolah gue masih sering jajan tapi kalo di pengajian gue jarang jajan, jadi uangnya bisa terkumpul. Nah karna gue ga punya celengan, jadi uang jajan itu gue taro di sisi jendela, dibiarkan menumpuk disitu. Tapi yang gue heran, kenapa uang jajan gue yang gopean itu ga nambah tinggi-tinggi ya, padahal gue ga pernah jajan kalo di pengajian dan setelah pulang, uangnya langsung gue taro disitu, kok uangnya segitu aja ya? Usut punya usut ternyata uang yang ditaro di jendela itu disangka engga ada pemiliknya sama ibu gue, jadi tiap ngasih uang jajan ngaji, ibu gue ngambil dari situ, jadi, ya wajar banget uang yang ada di sisi jendela itu ga nambah-nambah.

Lanjut kelas 4, kelas 4 ini uang jajan gue jadi Rp4000, karna waktu gue di sekolah lebih lama. Waktu kelas 4 gue sering bawa bekel jadi uang yang bisa gue sisihkan jadi lebih banyak. Tapi selain itu ada banyak keperluan yang harus gue beli, buat beli pensil, pulpen, tipe-x, penghapus, penggaris dan atk lainnya. Kalo di kelas-kelas sebelumnya gue cuma perlu pensil dan penghapus serta penggaris maka dikelas 4 ini nambah pulpen dan tipe-x.
Kelas 5 uang jajan gue kadang Rp4000 kadang Rp5000, ga nentu tapi kisarannya sih segitu. Waktu kelas 6 uang jajan gue resmi Rp5000. Jujur, gue ngerasa uang jajan gue ini terlalu banyak buat gue. Karna gue mikirnya uang jajan ini kegedean, jadi mulai saat itu, gue berjanji, berjanji kepada diri sendiri kalo untuk urusan sekolah misalkan keperluan sekolah seperti alat tulis, atau LKS yang boleh dibeli satu persatu, biar gue yang beli sendiri. Untuk alat tulis, emang iya gue beli sendiri tapi untuk LKS kadang masih minta beliin.

Kelas 7, uang jajan gue meningkat jadi sekitar Rp7000. Ini wow banget, secara jarak SMP gue itu lebih deket dibanding jarak ke SD gue tapi uang jajannya malah lebih gede. Karna lagi-lagi, uang jajannya kegedean (buat gue) jadi uang jajan itu sering nyisa, awalnya emang sering nyisa lebih dari setengahnya, toh gue beli alat tuliskan ga setiap hari. Tapi ini ga berlangsung lama, uang jajan yang tersisa cuma jadi sekitar Rp2000-an aja, karna saat itu porsi makan gue jadi lebih banyak. Kelas 8 dan kelas 9, uang jajan gue jadi Rp10.000. Whuaaa ini gede banget. Walaupun keperluan sekolah gue makin banyak tapi masih bakal tetep nyisa apalagi saat itu (kelas 8), gue yang (kata orang) kurus ini terobsesi pengen punya badan yang (lebih) kurus (lagi). Aneh ya, entah kenapa saat itu gue ngeliat orang-orang yang badannya kurus itu keren. Jadi jelas dong, pada saat itu porsi gue buat jajan jadi berkurang, kadang di sekolah gue ke kantin buat beli air mineral aja, itu pun yang ukuran gelas. Gue jarang beli makanan. Kelas 9, gue mulai jajan normal lagi tuh, udah ga terobsesi buat (lebih) kurus lagi, karna gara-gara obsesi gue itu, gue sampe harus ke dokter, gue kena tipes (tipus, demam tifoid, apasih nama resminya?) untung masih dibolehkan buat dirawat di rumah. Emang sih saat itu, antara kegiatan dan asupan makanan gue ga seimbang. Jadi sakit deh. Walaupun porsi jajan gue kembali normal tapi uang jajan gue masih bisa gue sisihkan. Di kelas 9 ini, gue mulai tertarik buat nabung di Bank, tapi gue masih bingung mau nabung di bank mana. Jadi, ga jadi nabung deh.


    

Kelas 10 sampe kelas 12, uang jajan gue jadi Rp20.000. WOW !! Naik dua kali lipat, gue sampe heran. Iya sih sekarang kalo ke sekolah gue perlu naik angkot tapi dengan uang jajan segini, ini kegedean banget. Sebenernya Rp10000 aja cukup buat gue. Tapi yaa namanya rejeki masa ditolak. Karna emang udah kebiasaan buat beli keperluan sekolah dan keperluan pribadi sendiri, jelas dong, uang segitu banyak bakal lebih bermanfaat buat gue. Jumlah pulsa yang gue beli bisa lebih banyak karna emang penggunaan pulsa gue pun meningkat, dan untuk beli buku pun gue udah sanggup beli sendiri. Tapi ga semua buku sanggup gue beli, seengganya saat minta duit, jadi yg gue minta cuma setengahnya. Sewaktu kelas 10 sampe 12, gue mulai mengelompokan uang-uang gue, ada uang yang masuk ke kelompok uang simpanan mingguan, ada juga yang bulanan, kelompok uang untuk membeli keperluan sekolah,  kelompok uang untuk membeli keperluan pribadi, kelompok uang yang gue taro di dompet, kelompok uang buat kejadian tak terduga, kalo kelompok uang buat jajan itu adalah sisa dari pengelompokan uang-uang itu. Tapi kadang kalo gue lagi males, uang jajannya gue pake jajan dulu baru kalo ada sisanya gue bagi ke kelompok - kelompok uang itu. Tapi ini ga selalu bikin uang gue berhasil terkumpul karna apa, karna kadang ada kejadian tak terduga yang ternyata membutuhkan uang yang lebih banyak dari jumlah yang ada di kelompok uang untuk kejadian tak terduga. Jadi kalo udah kaya gini, uang mingguan, bulanan, uang utk keperluan sekolah dan pribadi bakal ke pake semua. Dan jadi Rp0 deh. Tapi, ada satu lagi yang jarang gue gunain, uang celengan, gue punya dua buah celengan kecil berbentuk kudanil berwarna hijau, celengan ini cuma gue pake buat masukin duit koin dan saat gue punya uang koin aja. Saat semua uang gue habis, celengan itulah yang lumayan bisa membantu. Ga nyangka ya, walau cuma uang koin dan nyelenginnya ga teratur tapi jumlah yang terkumpul lumayan juga.


Sekarang, gue udah melewati 12 kelas itu dan uang jajanan gue sekarang jadi setengahnya dari uang jajan gue selama 3 tahun terakhir. Ini rada sulit karna keperluan gue disaat ini semakin bertambah sementara uang yang gue punya jumlahnya ga sebanding. Mau ga mau, gue harus menyesuaikan kondisi keuangan gue, gue harus memangkas uang untuk beberapa kebutuhan. Kalo dulu, gue pake sampo yang berbeda dengan sampo yang dipake keluarga gue, sekarang gue ikutan pake sampo itu juga, untuk jajan, gue minimalisir seminimal mungkin, sebisa mungkin ga usah jajan deh, juga buat pulsa, jatahnya gue kurangin, dan untuk keperluan-keperluan lainnya gue minimalisir juga. Pokoknya gue harus bisa menyisihkan uang jajan gue. 

Oia uang jajan yang gue diterima itu uang jajan buat seharian, artinya sewaktu kelas 1 uang jajan gue Rp1000 itu untuk seharian, kalo di rumah mau jajan lagi ya berarti uangnya jangan diabisin di sekolah. Ini berlaku sampe saat ini. Gue juga ga dapet uang jajan kalo ga sekolah, jadi kalo mau jajan di saat libur ya harus punya duit sendiri. Sebenernya sih bisa tinggal minta aja, waktu SD juga kadang-kadang kalo lagi musim liburan gue suka minta jajan, tapi jarang. Karna apa? selain karna penjual makanan yang jarang lewat, dan lokasi warung yang lumayan jauh (sebenernya deket, guenya aja yang males jalan) jadi gue ga terbiasa jajan. Makanya gue cuma jajan kalo lagi di sekolah aja. Itu juga yang bikin gue ga terbiasa ngemil. Karna gue emang cuma bakal makan di saat waktunya aja. Sampe sekarang pun masih gitu, masih sulit buat ngemil, kadang ga enak juga kalo ada yang nawarin makanan bukan di jam makan, ga diterima nanti dibilangnya diet kalo diterima, guenya ga nafsu makan, tapi ya tetep gue makan juga sih.


Bersambung...

No comments:

Post a Comment