Ads

Thursday 10 April 2014

Lima Tahun Lagi

Lima tahun lagi akan seperti apa ya kehidupanku, kehidupanmu, kehidupannya, kehidupan bangsa dan negara ini, kehidupan kita ??

Ada banyak harapanku di tahun-tahun mendatang, aku ingin saat itu, aku sudah mendapatkan pekerjaan, aku dapat membahagiakan orang-orang yang kusayangi, aku dan kehidupanku menjadi lebih baik lagi. Aku juga ingin disaat itu kehidupanmu menjadi lebih baik lagi, aku ingin disaat itu kondisi negaraku juga menjadi lebih baik. Macet, banjir, masalah sosial lainnya menjadi berhasil diperbaiki, kesejahteraan rakyat merata, tidak ada lagi daerah yang tak terjangkau listrik, semua warga negara dapat memperoleh pendidikan, tidak ada lagi cerita anak-anak yang kekurangan gizi, transportasi umum menjadi lebih baik dan lebih layak untuk digunakan dan warga negaranya bisa lebih memilih kendaraan umum dibanding kendaraan pribadi. Dan yang terpenting, setiap warga sudah mempunyai kesadaran. Kesadaran apa? Kesadaran bahwa dia tidak hidup sendirian di dunia ini dan sadar bahwa hidup bukan cuma untuk saat saja. Seseorang, berpikir bahwa tidak masalah dia membuang sebuah botol minum di jalanan, dia berpikir "kan cuma saya yang buang ini di jalanan, botolnya juga cuma satu" tapi kenyataannya di dunia ini ada banyak sekali orang. Bagaimana jika setiap orang berpikir seperti itu, tanpa disadari setiap orang yang berpikir bahwa cuma dirinya yang membuang sampah sembarang dan berpikir bahwa itu tidak akan memberikan efek signifikan. Juga kesadaran bahwa kehidupan tidak hanya berlangsung untuk saat ini, kehidupan akan terus berlanjut. Jangan sampai ada orang yang berpikir  bahwa hidup hanya untuk saat ini, jadi dia mengeksploitasi semuanya. Apa yang akan terjadi jika semua pohon ditebang? Padahal untuk bisa menjadi pohon itu perlu waktu yang lama. Mungkin dia berpikir bahwa kehidupan selanjutnya bukan urusan dia, jadi apapun yang bisa dihabiskan sekarang, ya habiskan saja. Ah sudahlah. Kadang manusia memang bisa menjadi makhluk yang paling kejam.

No comments:

Post a Comment