Ads

Sunday 11 February 2018

Keluh Kesah Penumpang Ojek Online

Keluh Kesah Penumpang Ojek Online

Belum lama ini saya dapet driver yang paling 'aneh' menurut saya. Karena selama ini, baru kali ini dapet driver yang model seperti ini. Jadi gini ceritanya.
Pada orderan pertama, orderan saya diterima oleh sang driver. Tapi tiba-tiba dia kirim saya pesan di whatsapp, "dimana lokasinya?" Padahal udah saya isi lokasi penjemputan dan saya tulis tambahan keterangan. Terus dia nelpon via WhatsApp, dia bilang ga tau lokasi saya, saya bilang bisa liat di GPS, kalo ga bisa nanya orang sekitar. Saya liat lokasi sang driver itu dekat lokasi saya bila ditempuh dengan motor, engga mungkin orang-orang yang ada disekitar dia macem tukang kaki lima tukang minuman, asongan ga mungkin gatau, apalagi saya tau di lokasi driver tersebut ada pangkalan ojek online. Driver minta cancel. Ga saya cancel. Untuk model driver yang pertama ini sering banget kejadian sama saya. Makanya ketika dia minta cancel karna alasannya tidak cukup kuat itu ga akan saya cancel. Dan yang bikin saya heran itu kenapa dia ga pake chat di aplikasi bawaan? Apa chat di aplikasi bawaan itu bisa keliatan ya sama orang manajemen ojek online? Kalo bener bisa keliatan, itu bagus banget, biar orang manajemen tuh tau banyak driver yang suka minta cancel dengan segala macam alesan.

Bacaan lainnya : Cara Registrasi Nomor Prabayar

Pesen pake hape satunya untuk orderan kedua. Dapet driver dari lokasi yang sama. Tapi dia dateng tuh. Sampe di lokasi penjemputan, dia bilang WhatsApp saya ga kok ga bisa dihubungi, saya bilang ga punya WhatsApp. Karna hp dual sim, nomor yang saya gunakan di akun ojek online ini memang ga punya WA. Heran lagi lagi kenapa hubungin pake WA ga pake chat dari aplikasi. Terus pas saya mau naik motornya dia minta saya cancel. Saya kaget dong, tapi sebelum saya ngomong drivernya lanjut ngomong saya tetep anterin mbak sampe tujuan, tarifnya juga tetep. Lho ngapain di cancel bang? Kataku. Drivernya jawab ntar dia jelasin, tapi cancel dulu. Hm saya heran dong. Pengen kabur tapi ya takut juga mana udah naik di motor udah di perjalanan juga. Hp saya yang udah agak-agak jadul ini lemot, pas diminta cancel ga muncul-muncul halaman pembatalannya. Saya matiin dulu eh aplikasinya ga ke buka-buka. Giliran ke buka ga ada sinyal. Sampe drivernya nyuruh hotspot. Heran kok ngotot amat ya. Saya bilang hotspot juga percuma, orang hp saya ngehang. Tapi lama-lama hp saya normal. Saya turutin tuh kemauan driver, orderan dicancel, alasan pembatalan juga driver yang milih, terus isi lokasi penjemputan dan tujuan sesuai kemauan dia. Kata driver sekarang penilaian driver bukan cuma dari rating bintang tapi dari argo juga. Kalo argonya di bawah Rp15.000 itu penilaian jelek kata dia. Ah apa iya sekarang sistemnya begitu, kata saya dalam hati. Setelah ngisi tujuan baru dengan argo yang hampir 2x lipat dari awal, baru deh pencarian driver supaya ttp dapetnya driver yang sama via GrabNow. Nah kan GrabNow ini disalahgunakan. Ah jadi ketauan saya pake Grab. Driver sih bilang tarifnya tetap seperti tujuan awal saya. Tapi yang saya ga suka adalah kenapa dia hubungin saya pake WA, ga pake chat bawaan dari aplikasi. Terus dia bilang belum pernah ke tempat penjemputan saya, jadi ga tau jalan. Tapi pas dia nanya arahan ke saya, dia ga nurutin dan malah jalan sendiri. Yang selanjutnya adalah lawan arah. Selain membahayakan penumpang, sebenernya membahayakan driver juga. Dan yang paling ga saya suka itu dia minta saya kasih bintang 5. Selama diperjalanan saya emang diem aja. Ga banyak omong. Driver curang. Kalo dia minta penumpang untuk isi ke daerah tujuan yang lebih jauh kan argonya lebih gede itu berarti dia ga perlu cape-cape nganter banyak penumpang. Kasian banget dong driver yang biasa antar saya itu tarifnya paling kena Rp7.000, itu dia harus anter berapa banyak penumpang supaya duitnya terkumpul banyak. Tapi driver yang biasa antar saya ga pernah protes, ga pernah juga punya permintaan ganti tujuan yang jauh, ga pernah minta dikasih bintang lima. Kasian driver jujur yang emang beneran kerja keras.

Baca juga yuk : Alasan Kenapa Sih Harus Meregistrasikan Nomor Prabayar

Saya akui saya memang salah menuruti kemauan driver curang yang minta ganti tujuan. Tapi gimana ya, saya juga ada rasa takut kalo nurutin. Jadi saya cari aman juga. Apalagi emang driver yang antar saya lumayan yang agak-agak serem, jadi makin takut juga saya. Saya liat dia pake rompi, rompinya masih bagus, seperti baru. Entah memang rompi baru atau dia biasa curang dengan meminta cancel dan ubah tujuan jadi jauh padahal dekat. Soalnya beberapa kali liat jaket driver yang nganter saya tuh warnanya udah pada pudar, kadang keliatan warna putih bekas keringet yang kering. Kalo pun saya ketemu jaket driver yang masih bagus warnanya itu emang beneran dia baru jadi driver. Duh saya jadi Suudzon gini.

Kalo ada yang bilang, ngapain saya protes toh kan saya ga rugi apa-apa karena saya tetap diantar ke lokasi tujuan dan tetap bayar tarif semula bukan tarif yang diubah jadi jauh. Ga gitu, ini tetap aja curang kalo menurut saya, ga boleh kaya gini. Sama kaya dulu pernah saya baca ada orang yang komentar apa susahnya kasih bintang 5 ke driver. Lho padahal kalo driver ga sopan, ga bener bawa kendaraannya masa kasih bintang 5, apalagi yang ugal-ugalan kan itu membahayakan. Orang yang bilang apa susahnya kasih bintang 5 ke driver itu lanjut bilang kalo bintang itu ga ngaruh apa-apa di penumpang tapi ngaruh banget ke driver masa ga kasihan sama driver. Bukan masalah kasian atau engga, tapi kalo bawa ugal-ugalan itu kan membahayakan driver dan penumpang. Kalo kecelakaan kan sama-sama kasihan juga.

Bacaan lainnya : Apa yang Terjadi Jika Tidak Melakukan Registrasi Nomor HP

Untuk driver yang minta ubah tujuannya itu baru sekali kejadian sama saya. Kalo saya cowok, badannya kekar, punya tenaga ekstra juga saya berani deh nolak. Cewek juga bisa aja sih kalo berani, tapi kalo saya mah jujur aja saya penakut, ga berani negor, udah takut duluan.

Driver yang paling sering saya temui adalah driver yang minta cancel dengan segala macam alasan. Mulai dari ban bocor. Heran deh udah tau bannya bocor kok masih nerima orderan. Pernah ngotot-ngototan via chat sama driver yang ngaku bannya bocor, dia bilang otomatis dari grab nya yang nerima order bukan dia. Halah saya ga percaya. Dulu waktu awal-awal saya pake Grab iya saya turutin tuh driver yang minta cancel dengan alasan ban bocor. Tapi saya udah keseringan dapet driver yang bannya bocor tapi tetep terima order, makanya pas saya dapet driver baru saya tanya emangnya otomatis ya driver tuh nerima order. Driver saya jawab itu pake autobid mbak, jadi nerima order sendiri, makanya driver suka nanya lagi penjemputan di mana, aslinya mah driver masih bisa baca dulu lokasi penjemputan dan tujuan sama catatan tambahan penumpang sebelum dia mutusin nerima order. Wah berarti driver yang ngaku-ngaku ban bocor itu gimana bang? Saya tanya lagi ke driver. Drivernya jawab kalo ban bocor mungkin ada yang beneran, tapi ya harusnya matiin dulu aplikasi grabnya, saya juga kalo isi bensin antri ke spbu itu matiin dulu aplikasinya, takut lama nunggu.

Cek yuk : Nomor HP Kamu Udah Berhasil Registrasi Belum?

Nah driver ada yang ngasih penjelasan kaya gitu. Tiap naik selalu saya tanya tentang keotomatisan driver nerima order. Ada yang jelasin panjang lebar ada yang ketawa, ada yang jawab seperlunya. Walau saya sering dijelasin tapi ttg mekanisme driver nerima order itu kaya gimana saya ga pernah bener-bener tau, soalnya ga pernah ditunjukin juga sama drivernya, yah itu mah kan ga mungkin soalnya kan lagi nerima order saya.

Tapi dulu banget, ketika driver ga sebanyak sekarang ini. Saya pernah ketemu driver yang tiap malam nganter saya, entah kenapa saya dapetnya driver itu mulu. Sampe dia bilang kalo susah dapet driver hubungin dia aja. Pernah waktu itu ujan, saya order ga ada yang nerima, ada satu yang nerima eh di cancel sama drivernya dia minta maaf katanya dia kira nama jalannya itu jalan yang deket dia ternyata tujuan saya jauh. Saya liat di GPS oh iya ya memang nama jalannya sama tapi beda lokasi. Yoweslah. Lebih dari sejam saya ga dapet-dapet driver. Yaudah saya hubungin driver yang waktu itu. Dia suruh saya coba order kasih tambahan di catatan kalo ada driver yang mau anter jadi driver lain jgn ambil. Tapi order saya  ga masuk-masuk ke aplikasi driver samping saya. Dia pun ngasih liat saya orderan yang muncul di aplikasi dia, tuh kak ga masuk orderan kakak, nih jauh semua orderannya. Saya ikutan liat juga. Memang orderan yang muncul itu jauh semua. Nah disini saya liat sendiri, kalo orderan tuh ada ditangan driver ga otomatis diterima. Kalo dulu udah ada GrabNow saya pake deh tuh. Tapi ini mah dulu banget waktu tahun 2015.

Nah tapi kan saya mikirnya apa ada perubahan sistem ya jadi sekarang otomatis terima order. Ternyata engga. Kecuali pake autobid itu.

Yang saya gatau lagi adalah kalo penumpang yang cancel itu ga menurunkan rating driver malah itungannya kaya driver tetap dapet order. Oh pantesan banyak bgt driver yang suka minta cancel apalagi kalo malem. Pernah ketemu driver yang letaknya sama saya cuma bersebrangan tapi dia ga mau ke lokasi saya. Padahal saya kalo nyebrang juga nanti muter lagi ke lokasi saya sebelum nyebrang. Kalo dia ga mau muter berarti nanti dia bakal lawan arah. Pernah karena hari udah mau ujan, sementara untuk dapet driver itu nunggu lama lagi, saya yang ngalah jadi nyebrang dan lawan arus. Hm padahal kalo muter juga kalo dengan motor itu ga lama.

Pernah lagi dapet driver yang sama 3x berturut. Ini juga driver yang males muter jadi bakal lawan arus. Tapi saya ngotot saya takut kalo lawan arus jadi demi keselamatan mending muter aja. Dia nurut tuh walau kerasa banget bawa motornya ga enak. Nah di yang ketiga kalinya si driver ini bilang ke saya kalo besok dapetnya dia lagi mending cancel aja karna katanya aturan Grab itu ga boleh nganter penumpang yang sama berturut. Saya bilang dong kalo gitu ya drivernya jangan terima order saya, terus drivernya bilang itu otomatis. Saya suruh copot itu autobid nya. Eh dia diem. Lagian driver yang dulu nganter saya tiap malem itu ga komplen berturut-berturut anter saya mulu. Kalo masih di lokasi sama kaya dulu mungkin masih dapet driver langganan saya itu. Tapi kan sekarang beda wilayah. Malah ketemu driver yang begitu. Padahal tiap pagi juga sering-seringnya yang nganter saya itu driver yang sama tapi ga pernah nyuruh saya cancel garagara berturut-turut dapet orderan sama.  Sampe pas paginya saya tanya sama driver langganan saya tentang aturan grab yang ga bolehin dapet penumpang yang sama berturut-turut, driver saya bilang ga ada aturan kaya gitu, katanya lagi kalo emang ga boleh ya akun driver atau saya udah di suspend, tapi ini kan engga.


Lanjut lagi keluh kesah sebagai penumpang : Driver yang malah pergi menjauh dari lokasi penjemputan.

Driver ini jaraknya ga nyampe 500meter dari lokasi penjemputan saya. Saya tungguin sambil liat di GPS dia ada dimana. Eh malah saya liat dia pergi menjauh entah kemana. Saya chat kan nanyain dia dimana, dia bilang di lokasi C. Saya bilang ini di GPS kok di lokasi B. Lokasi awal tadi masih di lokasi A, sama kaya posisi saya. Eh dia bilang jangan percaya GPS mbak. Abis itu saya pantau lagi, eh dia makin menjauh bukan lagi ngaku-ngaku dilokasi C tapi dia udah ke lokasi D. Dia minta cancel aja. Ga bisa kata saya. Dia bales lagi tapi posisi dia jauh. Saya bales lagi kalo tadi lokasinya deket saya tapi drivernya malah menjauh.  Driver tetap minta cancel. Saya bilang kalo curang kaya gitu bisa saya laporin ke pihak Grab, eh dia malah nantangin, terus ketawa-ketawa gitu di chatnya. GPS mungkin aja emang salah lokasi sekali waktu tapi ini saya liat sendiri di GPS itu driver menjauhi lokasi lewat jalan. Kalo yang GPS nya ngaco kan driver ga perlu sambil jalan tapi lokasi tiba-tiba berpindah dalam waktu singkat di lokasi yang cukup jauh. Nah ini mah emang drivernya yang jalan menjauhi  lokasi saya. Dia minta cancel mulu. Saya bilang cancel aja sendiri. Dia gamau cancel. Saya pesen pake hp satu lagi. Dapet driver dan langsung tuh anter saya.

Akhirnya driver yang tadi cancel dengan sendirinya. Kan rugi kalo dia nerima order terus dia yang cancel. Heran deh. Mungkin seringnya driver kaya gitu dapetnya penumpang yang nurut-nurut aja. Tapi saya udah dari tahun 2015 pake ojek online tadi seengganya modus-modus driver itu udah tau.

Pernah di lokasi baru, dapet driver yang gamau jemput saya karna gamau muter, kalo saya yang ke sana berarti nanti lawan arus lagi dong. Dia minta cancel. Ga saya cancel. Eh pas saya buka hp lagi sampe 3 hari ga dia cancel. Tapi lokasi dia selalu berubah-berubah, kadang saya liat di GPS dia lagi mau kemana gitu. Kasian juga sebenernya kalo order ga cancel kan dia ga bisa nerima orderan. Berarti 3 hari kemarin dia ga dapet order.

Tentang hal ini, saya coba tanya-tanya ke driver lain. Eh drivernya bilang ah itu mah dia punya banyak akun ojek online kali mbak. Kan sekarang pada diperjualbelikan tuh akun. Wah ternyata begitu, pantesan driver itu berani ga cancel berhari-hari.
Terus drivernya bilang, makanya kan suka ada penumpang yang dapet driver fotonya beda, motornya beda dengan yang di aplikasi, kemungkinan dia beli akun orang. Saya pernah sih dapet driver yang mukanya udah tua kakek-kakek gitu tapi yang dateng malah anak muda. Motornya sama dengan yang di aplikasi, platnya juga sama. Terus dia bilang saya anaknya mbak, bapak saya lagi sakit jadi saya gantiin, maaf ya mbak yang dateng beda orang, tapi saya anaknya kok.
Pernah juga dapet driver cewek eh yang dateng cowok. Motor dan platnya sama dengan yang di aplikasi. Ternyata itu suaminya, katanya istrinya lagi jagain anak, lagi rewel anaknya. Saya tanya dong emang bapak kerjanya apa? Driver ojol juga katanya. Jadi suami istri sama-sama ojol. Tapi dia bilang kalo istrinya cuma nerima orderan yang deket-deket aja.

Terus keluh kesah selanjutnya adalah driver yang ugal-ugalan, ga enak bawa motornya.
Dulu pernah dapet driver yang ugal-ugalan. Saya kasih bintang 4 karena dia datang tepat waktu, ga banyak alesan lagi makan dulu, minum kopi dulu, nyuci dulu, nyari sepatu dulu atau apapun itu, dia langsung dateng ke lokasi saya, tapi bawa motornya ga enak, saya kasih bintang 4 dengan catatan tambahan ngegas dan ngeremnya dialusin, jangan ugal-ugalan. Berbulan-bulan kemudian saya dapet dia lagi drivernya. Udah enak bawa motornya. Kalo grab itu komentar penumpang ikut ketauan driver apa cuma manajemennya aja yang tau?

Bintang 1. Pernah dapet driver, dia gamau jemput saya, minta saya cancel, saya gamau, eh tiba-tiba saya dapet notif kalo perjalanan udah selese. Saya kasih bintang 1, lha wong saya aja belom dianter.

Keluh kesah lainnya, driver yang maen hp. Biasanya WA-an entah sama siapa. Suka takut kenapa-kenapa, takut ga fokus. Tapi termasuk jarang dapet driver yang begini. Biasanya mereka liat GPS doang. Kalo ga paham baru minta arahan. Berkat naik ojek online ini saya yang tadinya gatau jalan jadi tau jalan. Jadi kalo drivernya ga tau jalan saya yang arahin, jalan tikus pun saya jadi tau. Tapi pernah tuh saya arahin driver lewat jalan tikus eh dia malah marah-marah gara-gara cuma segini aja kirain jauh. Wah driver ini emang kayanya belom pernah ke wilayah ini. Soalnya biar pun ga jauh-jauh amat tapi macetnya bisa setengah jam sendiri. Eh malah dia kaya ngomelin saya. Orang saya aja kalo sama driver yang tau jalan selalu diarahinnya lewan jalan tikus ini daripada bete kena macet, boros bensin juga tapi masih disitu-situ aja. Untungnya cuma sekali dapet driver macem tuh. Tiap lewat lokasi itu drivernya selalu milih jalan tikus.

Driver sok tau. Jadi saya pernah tuh lewat jalan yang kalo kata saya mah jadi jauh ya. Cuma drivernya bilang jalan lain pada macet. Saya bilang jam pulang kerja semua jalan di wilayah ini macet. Dia bilang engga kalo jalan yang mau dia lewatin. Dan hasilnya? Podo wae. Yang lebih ngeselin dari driver ini tuh setelah perkiraan dia yang meleset tentang macet dia nanya-nanya kerjaan saya apa, masa mau kerja gitu doang, saya bales lah abang sendiri ngojek online doang kan, ga pake cari kerja tambahan. Belom lagi dia bilang masa saya ga nerusin kuliah mau jadi apa emang. Saya bilang kalo ada kesempatan mau ikut kelas masak, eh dia malah ketawa nyepelein saya, tanya alesan saya kenapa mau kursus masak saya bilang saya orangnya suka makan, eh dia makin ketawa-ketawa nyepelein gitu. Saya udah dongkol tuh digituin. Terus dia cerita dia itu sarjana. Lha kok malah jadi ojol kan kerjaan lain ada. Toh ojol ini setau saya emang nargetinnya ojek pangkalan. Ini mah ga saya ucapin dalem hati aja. Karna saya diem aja, dia nanya-nanya lagi tentang beberapa lokasi. Saya bilang ga tau, dia bilang masa orang sini tapi gatau jalan, gatau lokasi. Pokoknya nyepelein banget deh. Kalo pun mau bercanda ya ga gitu caranya. Ini saya kasih kasih tau lokasi dimana-mana macet kalo jam pulang kerja, dia malah milih jalan jauh, milih jalan jauh juga sama aja macet. Malah perjalanan saya jadi 2x lipat lamanya. Belum lagi tentang saya mau kursus masak diketawain,  saya gatau jalan diketawain. Dan yang ngeselin tuh nih driver sengaja lewat jalan tembusan yang emang saya gatau, karna biarpun pernah lewat jalan ini tapi driver saya yang lain ga pernah lewat tembusan. Dia tanya gini ini coba kemana abis ini jalannya, saya jawab aja ikutin jalan aja bang. Eh dia malah ketawa-ketawa gitu, kalo ikutin jalan mah ya jauh ga nyampe-nyampe, nih masuk jalan ini nih yang bener tuh. Saya diem aja. Gatau dulu kasih bintang berapa ke driver macem ini.

Oia pernah dapet driver yang ada lokasi deket diliat di GPS, eh dia ngaku-ngaku ada di lokasi yang jauh. Sampe saya restart hp saya, kalo aja hp saya yang ngaco tapi tetep aja itu driver sebenernya lokasi deket. Saya share perjalanan saya, minta temen saya liatin dimana posisi driver itu,  emang deket kok itu posisinya. Dulu karna gatau, saya masih mikir kalo penumpang yang cancel itu rating driver juga bakal turun makanya saya cancel eh ternyata justru keenakan driver kalo penumpang yang cancel.

Pertanyaan lain : Tentang Grab

No comments:

Post a Comment