Ads

Saturday 29 March 2014

Galau

Berhenti kuliah?

kenapa?
Salah jurusan?
Iya. Tapi, yaelah salah jurusan doang, ini sih bukan hal utama yang bikin gue berhenti kuliah. Dalam hidup tuh, ga semuanya akan berjalan seperti yang diinginkan. Pasti ada hal yang mau ga mau harus dijalani. Termasuk salah jurusan. Salah jurusan itu tantangan, walau awalnya bikin stress tapi hadapin aja, usaha dan semuanya akan berlalu. Jadiin pengalaman, dalam hidup tuh ga ada yang sia-sia, termasuk salah jurusan, pasti ada pengalaman bergunanya.

Kalo bukan karna itu, terus kenapa berenti kuliah?
Karna ada hal yang lebih penting yang seharusnya diprioritaskan selain kuliah. Kuliah = biaya+waktu. Kalo nyia-nyiain kuliah itu artinya nyia-nyiain biaya dan waktu juga. Kalo masih ada yang sanggup biayain kuliah, ya jangan disia-siain. Rugi waktu dan biaya.


Hmm... gue udah mikir beratus-ratus kali tentang rencana berhenti kuliah ini. Apa yang ada di pikiran gue?
- salah jurusan, tapi yaelah..masa ga bisa dihadapin. Ok ini udah ga jadi alesan lagi buat gue berenti kuliah.
- biaya, biaya yang semakin mahal. Nah ini yang jadi faktor utama. Kuliah itu ga murah, perlu banyak biaya dan juga waktu plus komitmen. Udah berkomitmen dan ada waktu tapi ga ada biaya, ini sulit. Kerja, kerja dan dari penghasilan kerja itu bisa buat kuliah. Gue sempet kepikiran gitu, kalo dipikir lagi, penghasilan kerja gue itu ga bakal dipake buat bayar kuliah doang, buat makan, sewa rumah, bayar listrik, terus kalo sakit, itu semua perlu biaya. Cukupkah? Harus ada yang dieliminasi. Dan yang gue eliminasi itu adalah kuliah. Katanya hidup itu adalah pilihan, dan inilah pilihan hidup gue, gue ga mungkin terus-terusan bergantung sama orang lain dan ga mungkin juga gue nunggu lulus karna itu terlalu lama, sedangkan gue hidup itu sekarang, dan sekarang tuh perlu biaya.

No comments:

Post a Comment