Ads

Wednesday 12 March 2014

Sepotong Kehidupan


Ngomongin soal hidup, gue ga bener-bener tau gimana hidup itu. Hidup gue sendiri walau ga mewah tapi tergolong cukup. Makanan yang gue makan emang ga selalu mewah, ga selalu enak, tapi gue ga pernah sampe kelaparan, selalu ada makanan di rumah. Dulu, gue gampang banget ngeluh kalo di rumah adanya makanan yang ga gue suka. Tapi ibu gue sabar banget menghadapi gue, ngebujuk supaya gue mau makan. Sekarang, rasanya malu kalo gue masih ngeluh apalagi sekarang gue ga punya kerjaan, uang jajan juga masih dikasih. Sekarang gue kuliah, itu artinya gue nambah beban lagi, apalagi sekarang gue kuliah di PTS, tiap bulan, tiap semester pasti ngeluarin biaya, eh tapi PTN pun tetep berbayar ya?

Selama hidup, ada beberapa hal yang gue syukuri, termasuk dengan tinggalnya gue di Jakarta.

callmet-chan.blogspot.com
Bersyukur


Di Jakarta, kalo masuk sekolah negeri itu bebas biaya, kecuali seragam dan alat tulis. Gue termasuk yang beruntung yang mengalami masa-masa gratis ini. Waktu gue SD, sejak kelas 2 semester 2, gue udah ga bayaran lagi, jadi tinggal beli lks atau buku cetak di sekolah. Untuk buku cetak itu ga diwajibkan. Lanjut ke SMP, gue masuk SMP negeri dan bebas biaya lagi, ga pake uang gedung dan bayaran tiap bulannya, ga ada biaya daftar ulang di setiap semester. Kan wajib belajar 9 tahun, jadi masih gratis. Untuk seragam emang mau gamau beli di sekolah, tapi itu cuma untuk baju batik, olahraga, dan pakaian khusus hari Jumat (baju muslim), tapi kalo misalkan kita punya baju-baju itu entah itu warisan dari kakak atau sodara atau temen itu ga masalah kok. Untuk buku, waktu gue di SMP, buku-buku dipinjemin dari perpustakaan jadi yang dibeli hanya LKS.

Setelah lulus SMP, gue lanjut ke SMK, gue sempet pesimis apa gue bisa masuk sekolah negeri lagi. Tadinya gue kepikiran juga buat masuk SMA aja, tapi gue liat temen-temen gue yang nilainya pada tinggi banyak yang mau masuk SMA, SMA negeri maksud gue. Gue makin pesimislah. Dan ya, gue coba pilih SMK aja. Ternyata mau masuk SMK juga sama sulitnya, disini banyak juga yang nilai-nilainya sangat tinggi, gue cemas. Waktu itu malah tanpa sepengetahuan keluarga gue udah ambil formulir sekolah swasta soalnya kalo gue pikir-pikir, waktu itu sekolah negeri atau swasta bakal sama aja, sama-sama bayaran juga.

callmet-chan.blogspot.com
Pemandangan setiap pagi


Akhirnya, gue diterima di SMK negeri walau bukan di jurusan yang gue mau. Karna waktu itu di DKI Jakarta wajib belajar masih 9 tahun, jadi ya tetep deh ngeluarin biaya buat uang gedung, uang SPP dan lain-lain. Untuk beberapa baju seragam seperti batik itu mau gamau harus beli di sekolah kalo pengen batiknya baru, soalnya kan tiap sekolah punya batik yang berbeda, untuk baju muslim, walaupun wajib pake baju muslim sekolah tapi kalo modelnya mirip sama baju muslim sekolah kayanya ga dipermasalahkan walau ga beli di sekolah. Untuk baju olahraga juga gitu, asalkan pake pakaian olahraga, walaupun warnanya beda itu ga dipermasalahkan, asalkan pakaian olahraga. Tapi satu, untuk urusan buku lks, itu semua siswa harus punya, kalo ga punya gimana caranya siswa belajar. Dan lagi-lagi sekolah gue ngasih kemudahan, bayar lks boleh dicicil, ga cuma lks sih, seragam sekolah juga boleh dicicil. Sekolah gue ini bener-bener banyak ngasih kemudahan, untuk buku cetak/buku pegangan siswa itu dipinjemin dari perpustakaan. Dan untuk urusan bayaran, entah itu uang gedung, spp atau biaya-biaya lain, sekolah gue itu termasuk yang termurah diantara sekolah-sekolah lain di DKI. Untuk uang gedung itu bisa dicicil, tapi kalo emang udah punya ya lebih baik dilunasi. Di sekolah gue juga buat daftar ulang ga pake biaya, kalo pun dipungut biaya itu biaya osis, jelas itu untuk kepentingan bersama. Dan sekali lagi, sekolah gue ngasih kemudahan, bayar uang osis yang harusnya disaat daftar ulang itu boleh dibayar setelah nanti masuk KBM -kegiatan belajar mengajar-. Gue gatau sih di sekolah negeri yang lain kaya gimana, tapi kalo di swasta kayanya jelas ga bakal bisa kaya gini.

Nah, waktu kelas 12, Juli 2012 itu saat-saat membingungkan, engga cuma buat gue yang sebagai siswa tapi pihak sekolah pun ikut kebingungan. Karna apa? Karna waktu itu ada rencana wajib belajar 12 tahun dan ya rencananya belajar 12 tahun itu bebas biaya. Jadi sekolah dilarang meminta pungutan biaya kepada siswanya. Ini berlangsung sampe 3 bulan selanjutnya. Dan makin membingungkan, kenapa? Sekolah sama sekali ga punya pemasukan dan gue sebagai siswa juga ikut bingung, kenapa gue ikutan bingung? Karna kalo kebijakan itu ga jadi, berarti gue belom bayaran selama tiga bulan dan tiga bulan kemaren itu gue ga minta uang bayaran, keluarga sih udah nanyain bayaran apa engga tiap bulannya dan gue malah jawab "udah engga bayaran". Setelah 3 bulan itu akhirnya ternyata emang sekolah (negeri) gratis sampe kelas 12. Jadi semenjak itu pula, gue dan temen-temen seangkatan gue sekolah bebas biaya, walau gue cuma ngerasain setahun doang. Adek-adek kelas gue jauh lebih beruntung, mereka ga bayar uang gedung atau spp. Belom lagi dengan ganti gubernur jadi diadain kartu pintar, ini bakal sangat membantu orang-orang yang membutuhkan, semoga ga salah sasaran.

callmet-chan.blogspot.com


Hmm, untuk sementara, ini dulu yang di-share.

No comments:

Post a Comment