Ads

Thursday 13 March 2014

Pengantar Ekonomi Mikro : Sifat –Sifat Teori Ekonomi

Ada empat unsur penting yaitu :
1.      Definisi-definisi yang menjelaskan dengan sebaik-baiknya variabel-variabel yang sifat-sifat hubungannya akan diterangkan dalam teori tersebut.
2.      Sejumlah asumsi-asumsi atau pemisal-pemisalan mengenai keadaan yang harus terwujud supaya teori itu berlaku dengan baik.
3.      Satu atau beberapa hipotesis mengenai sifat-sifat hubungan diantara berbagai variabel yang dibicarakan.
4.      Satu atau beberapa ramalan mengenai keadaan-keadaan yang akan berlaku.


Apa itu variabel ?
Variabel adalah suatu besaran yang nilainya dapat mengalami perubahan. Ada dua variabel yaitu endogen dan eksogen. Variabel endogen adalah variabel yang sifatnya diterangkan dalam teori tersebut. Sedangkan variabel eksogen adalah variabel yang mempengaruhi variabel endogen tetapi ia ditentukan oleh faktor-faktor yang berada di luar teori tersebut. Contoh “Harga beras di Jawa Barat tergantung kepada keadaan iklim di daerah penanaman padi di Jawa Barat.” Harga beras adalah variabel endogen karena perubahaannya dipengaruhi oleh variabel lain dalam pernyataan itu, yaitu iklim. Iklim yang buruk mengurangi produksi dan ini akan menaikkan harga. Variabel yang kedua yaitu iklim, adalah variabel eksogen, karna ia tidak dipengaruhi oleh harga tetapi oleh faktor – faktor yang tidak dinyatakan dalam teori tersebut.


Asumsi
Membuat asumsi atau pemisal-pemisalan adalah salah satu syarat penting dalam membuat teori dalam ilmu sosial. Tanpa asumsi, sangat sukar untuk menjelaskan sifat-sifat perhubungan di antara berbagai variabel. gambaran sederhana mengenai hubungan di antara suatu peristiwa itu dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya harus dibuat. Biasanya yang diterangkan adalah bagaimana sifat hubungan antara peristiwa itu dengan faktor-faktor terpenting yang mempengaruhinya. Ini artinya, teori harus membuat penyederhanaan ke atas kejadian yang sebenarnya dalam masyarakat. Penyederhanaan itu dilakukan dengan membuat pemisalan. Pemisalah itu dikenal sebagai ceteris paribus, kata itu diambil dari bahasa Latin yang artinya, "hal-hal lain tidak mengalami perubahan".

Hipotesis
Adalah suatu pernyataan mengenai bagaimana variabel-variabel yang dibicarakan berkaitan satu sama lain. Sifat hubungan dibedakan menjadi dua, yaitu  hubungan langsung dan hubungan terbalik. Hubungan langsung adalah keadaan di mana perubahan nilai – nilai variabel yang dibicarakan bergerak ke arah bersamaan. Sedangkan hubungan terbalik adalah apabila nilai-nilai variabel yang dibicarakan berubah ke arah yang bertentangan.

No comments:

Post a Comment