Ads

Monday 17 March 2014

Netbook Tidak Bisa Dimatikan (Shutdown)





Hari ini bener-bener hari yang we-o-we WOW.

Kenapa? Ini ada hubungannya sama netbook gue. Pas gue nyalain tiba-tiba langsung ke layar dekstop, bingung dong gue kenapa kaya gini, padahal biasanya diminta log in dulu. Karna gue pikir ada yang salah, gue putuskan untuk scan netbook, jangan-jangan ada di virusnya nih. Nah gue klik deh tuh shortcut antivirus yang ada di dekstop eh tapi kok gini ya, ga ada perubahan apa-apa, gue coba lagi, lagi dan lagi dan hasilnya masih sama. Setelah gue inget-inget, biasanya setelah gue klik shortcut antivirus itu, bakal muncul UAC (User Account Control) yang minta konfirmasi untuk menjalakan program itu. Nah ini ga muncul. Bingung deh gue. Gue coba buat buka Data D, karna gue pake bitlocker jadi setiap mau buka itu harus masukkin password dulu. Tadi tuh setelah gue masukin password, UAC ga muncul, harusnya kan dia muncul. Karna ga muncul, si bitlocker ini mau gue tutup aja. Gue klik cancel, tapi ga ketutup, gue klik close juga ga ke tutup, yaudah gue klik kanan aja ikon program itu yang ada di task bar, gue pilih close dan hasilnya sama aja.

"Gue apain lagi ya supaya seengganya program itu bisa ke tutup?" SHUTDOWN. Gue shutdown aja haha eh tapi pas gue klik shutdown kok ga berpengaruh, gue coba sekali lagi dan ga ngaruh juga, coba lagi, lagi dan lagi dan sama aja hasilnya. Ok ini ga bisa di shutdown, gimana kalo di restart aja, gue coba restart. Ini juga ga berhasil. Gue sleep aja deh. Ini juga ga berhasil. Terus-terusan gue coba tapi terus-terusan juga gue ga berhasil. "Yaudahlah alt-f4 aja", pikir gue dan tetep ga berhasil. Huaaaa gimana ini?


"Teken aja tombol power."

Oh iya ya, kenapa ga kepikiran ya? Eh tunggu-tunggu itu kan ga bagus, ga sehat.
"Terus mau gimana lagi? Udah sana coba!" ngomong sama diri sendiri.
Dan gue coba, gue teken tombol power sampe layarnya menghitam alias mati, gue tunggu beberapa saat, gue nyalain dan tetep balik ke layar asal. Gue matiin lagi, gue teken deh tuh tombol powernya, kali ini agak lamaan, setelah mati gue tunggu beberapa saat, gue nyalain lagi dan sama aja tuh hasilnya. Puyeng dong gue, ga ada yang berhasil.

Yaudahlah, gue coba buka ms. office, eh ternyata bisa. Gue buka lagi photoscape, paint, dan masih bisa juga.


Karna bete, gue cari info dari internet aja deh, buka google. Disitu ada banyak cara buat ngatasinnya tapi gue kok ragu ya. Gue putuskan buat masuk ke grup komputer aja dari Facebook. Sejam, dua jam sampe lebih dari 5 jam masih belom di approve juga. Duh ini gimana, masa netbook gue bakal nyala terus selama berhari-berhari. Cemas dong gue.



gambar keren ini diambil dari sini

Gue cari lagi info di Google, yaudahlah daripada netbook gue bakal nyala berhari-berhari, jadi gue putuskan buat nyoba aja. Gue mulai nyari dari artikel yang paling baru di posting, setelah beberapa artikel gue baca, upaya yang mereka kasih tau hampir bahkan sama semua isinya. Karna sama, gue mulai dari cara awal, masuk ke advanced system settings, ternyata program ini perlu konfirmasi dari UAC, nah ketidakmunculan UAC itu salah satu masalah gue. Gara - gara UAC-nya ga muncul, jadi program ini nasibnya sama kaya si Bitlocker. Gue ragu untuk melanjutkan cara yang selanjutnya karna gue takutnya bakal ke program yang perlu UAC lagi terus nanti UAC ga muncul dan malah numpuk program-program yang ga merespon. Gue coba cari sekali lagi, kali ini gue mau cari artikel yang udah agak lama, ada sih yang dari tahun 2010 tapi kok kayanya itu kelamaan, dan entah kenapa gue dapet dari yang tahun 2012, gue dapetnya dari Yahoo Answer, ada salah satu penjawab yang ngasih tau buat bikin shortcut aja. Karna gue pikir bikin shortcut itu ga bakal butuh UAC, jadi gue coba. Hasilnya? Netbook gue berhasil di shutdown :D haha
Tapi gue gatau, efeknya bakal kaya gimana kalo pake cara ini, gue gatau ini aman apa engga, tapi semoga aman ya.

Nih caranya :

1. Klik kanan pada desktop
2. Pilih New, lalu Shortcut, ketik shutdown -s -t 1
3. Klik next
4. Ketik shutdown
5. Finish

No comments:

Post a Comment