Ads

Thursday 13 March 2014

Kuliah ya?

ga tau
bingung



Akhirnya gue putuskan buat menulis ulang apa aja materi kuliah gue, kenapa? Karna gue udah mulai males baca, males buka buku dan gue kadang bingung mau posting apa. Jadi, apa yang gue dapet dari kampus, gue ketik lagi, itung-itung belajar ngetik hehe, sekaligus supaya ga gampang lupa sama materi - materi itu. 

Kuliah sama sekolah itu beda jauh. Kalo dulu waktu gue sekolah, guru-guru gue sering pada bawel banget nyuruh buat nyatet. Sekarang, saat gue kuliah mereka -para dosen- ga serepot itu nyuruh itu para mahasiswanya nyatet. Lagian mereka biasanya udah punya print out dari materi yang disampaikan, jadi tinggal di foto copy sama mahasiswanya. Awalnya sih gue enak-enak aja, karna ga repot nyatet, hemat buku juga, tapi ini bikin gue keenakan, bikin gue jadi males, dan bikin IP gue jadi jelek. Apa yang disampaikan dosen ga nempel di otak gue, sekalinya nempel, itu cuma saat di kelas, kalo udah keluar kelas jadi buyar dan terlupakan begitu saja, bagai debu tertiup angin, entah kemana perginya.

Enaknya kuliah tuh, bebas mau pake baju apa aja. Dulu waktu sekolah gue kadang bete, pake kaos kaki warna ini ga boleh, itu ga boleh, pake baju dobel kaos ga boleh, pake gelang ga boleh, pake kalung ga boleh, ini itu ga boleh. Nah sekarang, saat semuanya dibolehin gue malah pengen kaya waktu sekolah aja, pake seragam, supaya ga bingung mau pake baju apa buat ke kampus. Dan lagi ternyata, gue ga punya banyak baju, baju-baju yang gue punya cuma terdiri dari kaos dan kemeja, dan itu udah bertahun-tahun yang lalu. Malah sekarang gue liat isi lemari gue itu kebanyakan baju-baju gue waktu sekolah. Eh tapikan gue emang suka pake asesoris semacam gelang atau kalung, cincin juga engga, ya gue ga masalah sih sama aturan itu. Sama aturan sepatu mesti item dan bertali pun gue ga masalah, tapi karna jumlah sepatu gue yang terbatas, itu jadi masalah dan akhirnya sepatu gue yang warna putih ga sempet kepake. Ya gue ga masalah, justru gue bersyukur, karna ga perlu repot mikirin pakaian dan atributnya saat akan ke sekolah, cukup seragam, sepatu item, kaos kaki putih diatar mata kaki, dasi, gesper.

Gue emang orang yang ga terlalu peduli sama baju, asalkan masih layak dipake kenapa harus beli terus tiap bulannya, kalo pun ngikutin mode, itu ga akan ada abisnya. Jadi ya, jangan heran kalo koleksi baju gue itu - itu aja. Kadang minder juga sih, udah bajunya itu-itu lagi, terus ga ngikutin zaman juga. Tapi kadang gue biasa aja, toh gue kan emang belom punya penghasilan jadi ya ga bisa beli ini itu. Minta sama ortu? Hey... udah dibiayain kuliah sama makan aja udah syukur, masa masih minta ini itu, malu ah, nyari duit itu ga gampang tau.


Ok balik lagi ke kuliah dan sekolah, saat di sekolah mungkin lu pada bete kalo guru-guru lu bawel banget nyuruh lu yang ga ikut ulangan buat ikut ulangan susulan atau pun saat lu remed dan lu pikir, orang-orang yang kuliah alias mahasiswa itu pada happy karna ga dikejar-kejar pengajarnya buat remed ataupun ikut ulangan susulan. Lu salah kalo mikir gitu, saat lu kuliah, lu yang mesti ngejar-ngejar para dosen kalo lu ga ikut ulangan, dan kalo lu mau ikut ulangan susulan itu mesti bayar lagi dan bayarannya lebih mahal. Tapi bayar buat ulangan susulan yang gue tau cuma ada di kampus gue, gatau di kampus yang laen. Dan satu lagi, yang namanya ngejar dosen itu ga gampang, perlu kesabaran.

Kalo dulu, waktu lu di sekolah nilai lu jelek, lu masih dikasih kesempatan buat remed, disini, saat lu kuliah, ga ada kesempatan kaya gitu, kalo nilai lu jelek, lu mesti ngulang matkul itu lagi, dan itu artinya lu mesti bayar lagi, dan parahnya biaya kuliah dari tahun ke tahun itu nambah mahal. Jadi mahasiswa abadi itu perlu banyak modal, kalo modal lu ga banyak-banyak amat, mending buru-buru deh selesein kuliah lu. 



No comments:

Post a Comment