Ads

Saturday 22 March 2014

Kartu SIM Handphone


Kartu SIM Handphone

SIM : Subscriber Identity Module


Ok, sekarang bahas SIM Card yang pernah gue pake sampe saat ini.


1. Kartu AS


Ini adalah kartu SIM pertama gue. Kartu ini juga yang mengisi hp pertama gue. Harus gue akui bahwa kartu ini cukup mahal buat gue saat itu. Karna kondisi hp, maka kartu SIM itu ga bertahan lama.

2. Esia


Gue emang pake nomer esia tapi hp gue Nokia. Ini adalah nomer CDMA pertama yang gue pake. Banyak suka dukanya saat gue pake nomer ini dan nomer ini sampe saat ini masih gue pertahanin. Waktu gue pake nomer ini, lumayan banyak sms dan telpon yang nyasar ke nomer gue dan mereka emang bener-bener nyasar, ada juga yang ujung-ujungnya minta kenalan. Untuk urusan nelpon, ini juaranya (tapi dulu), dijamin puas deh untuk nelpon ke sesama operator. Untuk SMS, menurut gue, operator inilah yang mempelopori orang untuk ngetik sms singkat-singkat banget, karna kan operator ini ngitung biaya sms per karakter yang dikirim.

Sebenernya gue punya beberapa nomer Esia, tapi yang masih gue pertahanin itu nomer esia gue yang pertama.

Kenapa gue punya beberapa nomer ? Itu untuk menghindari saat ada orang yang ganggu, jadi untuk sementara gue ganti nomer. Karna sifatnya cuma buat pengganti, jadi beberapa nomer itu cuma sementara gue pake.

3. Hepi


Ada yang masih inget sama provider ini? Itu loh SIM card yang serba nge-pink, iklannya bernuansa warna pink, kartunya juga, websitenya juga. Gue pake kartu ini untuk hp Nokia CDMA gue, soalnya kalo internetan pake esia kan mahal. Hepi ini ternyata CDMA-nya mobile-8, jadi kalo misalkan voucher pulsa Hepi lagi abis bisa isi pulsa pake voucher fren. Gue ga lama pake nomer ini, hp gue kan cuma satu dan nomer esia jauh lebih penting buat berkomunikasi dibanding kartu Hepi yang gue pake buat internetan doang.

4. Mentari


Setelah gue ganti hp, gue dibeliin hp yang didalemnya udah termasuk kartu sim. Gue ga terlalu puas sama provider ini. Gue juga ga bertahan lama sama kartu SIM ini. Karna HP gue dual SIM, jadi lah gue dibeliin lagi kartu XL yang lagi diobral seharga 2000-an yang ga gue sangka masih aktif sampe sekarang. Dan tentu saja, si Mentari akhirnya mati dengan sendirinya.

5. XL


Ini nih yang ngegantiin si Mentari, kartu yang identik dengan warna biru, bar signal ga pernah kosong tapi kadang itu ga ngaruh sih. Gue pake kartu sim ini dari tahun 2009 dan sekarang udah tahun 2014. Wow, udah berapa Rupiah ya uang yang gue abisin buat beli pulsa?

6. Axis


Karna pake XL itu mahal, gue nyari alternatif kartu lain. Dan Axis ini kartu yang gue banget. Gila pokonya sangat terjangkau buat gue, setiap hari gue bisa akses internet sepuasnya, sms murah, nelpon juga murah. Lalu kenapa kartu ini ga awet? Alasannya karna keadaan hp gue yang memprihatinkan jadi jangankan si Axis, si XL aja jadi jarang gue pake. Untuk sementara dan hanya diwaktu-waktu tertentu, gue ngaktifin nomer gue buat sms atau nelpon melalui modem, nah di netbook gue kan ada mobile partner jadi disitulah tempat gue buat nelpon dan sms, dan juga internetan tentunya.
Karna gue lebih sering make XL, dulu XL emang promosinya lagi bagus banget, gue sampe lupa sama si Axis dan akhirnya si Axis pun mati.

7. Tri (3)


Karna gue udah dibeliin hp dan hp kali ini dual SIM lagi jadi, untuk nemenin si XL, gue pake 3, tapi khusus buat internetan dan smsan sama sesama 3. Nomer 3 ini ga bertahan lama saat gue pake hp titan, kenapa? Karna sinyal Tri di rumah gue ga bagus. Yaudah gue beli lagi nomer Axis yang baru. 

8. Simpati


Gue pake ini karna tergiur iklan dan juga temen gue, temen gue pake kartu ini dan dia lancar banget internetannya. Dia juga bilang kalo pake kartu ini tuh murah soalnya lagi banyak promosi. Dan saat gue beli kartu itu, gue cuma menikmati beberapa hari aja, tepatnya 2 hari karna selanjutnya yang terjadi adalah masa promosinya berakhir. Gue bete dong, liat di tv ada iklan Axis, lagi promosi, lumayankan. Dan kejadian seperti Simpati terjadi lagi, masa promosinya berakhir.

Akhirnya sampe sekarang, cuma nomer esia yang pertama beli sama nomer xl yang pertama beli juga yang gue pertahanin.


Dari nomer-nomer itu, ada banyak nomer nyasar yang masuk ke nomer gue. Tiap provider punya tipe-tipe nomer nyasar yang beda. Misal, selain sms atau telpon dari operator ya, saat gue pake nomer AS itu yang sering sms gue adalah sms minta kenalan, menang undian berhadiah puluhan juga, tapi lebih sering di sms menang undian puluhan bahkan ratus juga sih. Saat gue pake nomer esia, yang paling sering adalah sms-sms minta kenalan, mungkin waktu itu banyak yang baru pake hp kali ya, makanya jadi pada seneng banget sms orang walau gatau siapa orang yang di sms. Saat gue pake nomer mentari itu banyak yang sms gue menang undian, kalo yang minta kenalan sih ga ada. Saat gue pake XL, emang ga ada orang iseng yang ngacak nomer trus minta kenalan tapi saat gue pake nomer ini yang sering adalah menawarkan pinjaman uang, jual beli rumah, untuk sms mengenai menang undian itu jarang banget. Oia karna waktu itu lagi tren sms "mama minta pulsa" nomer gue pun ga luput dari sms - sms ini, dan bukan cuma "mama" aja yang minta pulsa tapi "papa' juga, bahkan "pacar" juga, padahalkan gue ga punya pacar. Selain minta pulsa, mereka juga minta uang dengan cara transfer, ada yang karna lagi dikantor polisi, ada juga yang lagi mudik terus keabisan uang. Tapi yang paling "sialan" adalah saat ada sebuah nomer yang ngaku-ngaku temen lu, dia ngaku pake nama temen lu dan dia tau nama lu terus dia sms minta tolong, ga langsung minta pulsa, setelah dibales dia bilang lagi ada ditempat yang ga memungkinkan buat isi pulsa dan dia minta tolong lu buat transfer pulsa dan karna lu ga curiga karna dia bisa diajak komunikasi, ga kaya sms mama minta pulsa yang kalo dibales ga akan bales lagi, lu percaya kalo dia itu beneran temen lu yang kesusahan, akhirnya lu kirimin dia pulsa dan ternyata lu ketipu. Ini bener-bener oknum yang -oh my God, keterlaluan banget, ngerugiinnya bener-bener deh, 1. dia ngerugiin orang yang namanya dipake, 2. dia ngerugiin orang yang dimintai tolong- keterlaluan.

Saat gue pake nomer Axis, Tri, Hepi, ga ada sms nyasar tuh, kecuali emang ada temen lu yang lagi ngisengin, tapi itukan jelas udah sama - sama kenal, cuma lagi iseng aja.

Waktu gue pake simpati, kebanyakan sms tentang menang undian, sms mama minta pulsa juga masih ada.


Baca juga : handphone-handphoneku

No comments:

Post a Comment